Comscore Tracker

Hingga Bulan Desember, Dua Kementerian ini Sepi Pelamar CPNS

Beberapa kementerian masih membuka lowongan 

Jakarta, IDN Times - Badan Kepegawaian Negara mencatat, dalam update terakhir pada Minggu (1/12), masih ada sepuluh instansi yang sepi peminat. Dua di antaranya merupakan lembaga kementerian yang sebenarnya cukup populer.

Dua kementerian tersebut adalah Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementrian Riset dan Teknologi. 

Instansi lain yang juga masih sepi pelamar adalah Setjen Komnas HAM dengan 455 pelamar, Sekretariat Jenderal MPR dengan 483 pelamar, dan Sekretariat Jenderal DPR dengan 563 pelamar.

Baca Juga: Pejuang CPNS, Siap-Siap Tes Seleksi Dimulai Januari 2020!

1. Dua kementerian ini peminatnya hanya sedikit

Hingga Bulan Desember, Dua Kementerian ini Sepi Pelamar CPNSMenristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro ditemui di Gedung BPPT II, Jakarta Pusat Selasa (19/11) IDN Times/Margith Juita Damanik

BKN mencatat ada dua kementerian yang peminatnya terbilang sedikit. Jika diurutkan dalam peringkat 10 besar yang sepi peminat, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menduduki peringkat ke-9.

Hingga hari ini, Senin (2/12), dari total 5.048.151 akun yang sudah dibuat dan 4.158.140
pelamar yang sudah submit pendaftaran CPNS, hanya ada 507 lamaran yang masuk ke Kemenpora.

Kementerian lain yang juga sepi peminat adalah Kementerian Riset dan Teknologi. Kementerian yang kini dipimpin oleh Bambang Brodjonegoro ini hanya mendapat 470 pelamar hingga saat ini.

2. Pemerintah kabupaten/kota ini juga tak terlalu diminati

Hingga Bulan Desember, Dua Kementerian ini Sepi Pelamar CPNSilustrasi pelamar CPNS (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Sejumlah pemerintah daerah kabupaten/kota juga menjadi instansi yang kurang digandrungi para pelamar CPNS. Peringkat pertama daerah yang paling sedikit peminatnya diduduki oleh Pemkab Labuhanbatu Selatan, dengan total pelamar 393. Selanjutnya disusul Pemkot
Bitung dengan 394 pelamar.

Peringkat ketiga diisi oleh Pemkab Bombana dengan total pelamar 428. Pemkab Maluku Barat Daya juga tak terlalu digandrungi dan baru menerima 470 lamaran dari pelamar CPNS. Nasib serupa dialami Pemkab Bone Bolango dengan 483 pelamar.

 

3. Pendaftaran CPNS masih dibuka

Hingga Bulan Desember, Dua Kementerian ini Sepi Pelamar CPNSGedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Senayan, Jakarta Selatan (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, sejumlah instansi masih membuka pendaftaran CPNS pada pekan pertama Desember ini. Penutupan pendaftaran CPNS memang dikembalikan kepada masing-masing instansi.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme diketahui akan menutup
pendaftaran CPNS pada 5 Desember mendatang. Sedangkan instansi yang akan
terakhir menutup pendaftaran salah satunya Badan Pemeriksa Keuangan pada 7
Desember mendatang.

Baca Juga: CPNS ke Dukun, BKD Kaltim: Belajar yang Rajin, Gak Usah ke Paranormal

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You