Comscore Tracker

Ketua LTMPT: Jangan Percaya Prediksi Passing Grade SBMPTN yang Beredar

Soal Passing Grade SBMPTN

Jakarta, IDN Times - Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof. Ravik Karsidi menegaskan tidak ada daftar passing grade dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Ia mengimbau kepada peserta SBMPTN yang akan mendaftar untuk tidak mudah termakan hoaks tentang prediksi passing grade yang beredar luas di media sosial. Hal ini disampaikan langsung oleh Ravik Karsidi kepada IDN Times ketika dihubungi pada Selasa (11/6).

1. Tidak ada passing grade yang dikeluarkan

Ketua LTMPT: Jangan Percaya Prediksi Passing Grade SBMPTN yang BeredarIDN Times/Irfan Fathurohman

"Kita gak ada passing grade," kata Ravik.

Ravik menjelaskan, bagaimana sistem yang berlaku dalam SBMPTN 2019 ini. "Masing-masing program studi (prodi) di masing-masing universitas atau PTN itu mengumumkan kuota," kata Ravik.

"Jadi kuota prodi, katakanlah misalnya untuk pendidikan dokter, itu berapa, itu sudah ada," imbuhnya.

2. Jalur yang disediakan untuk pendaftaran PTN

Ketua LTMPT: Jangan Percaya Prediksi Passing Grade SBMPTN yang BeredarIDN Times/Istimewa

Jalur yang dapat ditempuh oleh peserta pendaftaran PTN nyatanya bukan hanya jalur SBMPTN. Ada dua jalur lain yang sebenarnya bisa dicoba.

Mulai dari jalur SNMPTN yang menggunakan nilai rapor, jalur SBMPTN, dan juga jalur Mandiri. Setiap jalur ternyata sudah memiliki kuota penerimaan masing-masing.

"Secara peraturan kementerian itu ditentukan bawa SNMPTN minimum 20 persen, SBMPTN 40 persen, Mandiri maksimum 40 persen," kata Ravik.

"Sehingga otomatis masing-masing prodi mengumumkan di lamannya masing-masing, sehingga nanti tinggal bagikan saja antara jumlah pelamar dengan jumlah kuota yang memenuhi syarat. Lalu kalau kuotanya misalnya 60, ya 1-60, rangking itulah yang diterima," paparnya.

Baca Juga: SBMPTN 2019: Tes UTBK Bisa Dua Kali, Nilai Tertinggi yang Akan Diambil

3. Sarankan peserta perhatikan kuota

Ketua LTMPT: Jangan Percaya Prediksi Passing Grade SBMPTN yang BeredarInstagram/@ravik.karsidi

Ravik menyarankan agar peserta yang akan mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN dapat dengan cermat memperhatikan kuota atau daya tampung dari tiap program studi dan universitas yang diminati.

"Saya sarankan, semua calon hendaknya melihat dulu daftar kuota itu tadi," kata Ravik.

"Di situ ada pelamar tahun yang lalu, masing-masing perguruan tinggi sudah mengumumkan di laman masing-masing, itu bisa dilihat," kata dia.

4. Imbau peserta tak percaya prediksi passing grade

Ketua LTMPT: Jangan Percaya Prediksi Passing Grade SBMPTN yang BeredarIDN Times/Istimewa

Menurut Ravik, di sejumlah media sosial kerap tersebar informasi mengenai prediksi passing grade SBMPTN 2019. Ravik mengimbau agar informasi tersebut tidak perlu dipercaya karena LPTMPT secara resmi tidak mengeluarkan passimg grade di tahun ini.

"Jadi kalau media sosial ada yang mengumumkan prediksi-prediksi passing grade itu, jangan dipercaya," kata Ravik. "(LPTMPT) Tidak mengeluarkan passing grade kali ini," pungkasnya.

Baca Juga: Baru Dua Hari Dibuka, Peserta yang Mendaftar SBMPTN Mencapai 120 Ribu

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You