Comscore Tracker

Baru Dua Hari Dibuka, Peserta yang Mendaftar SBMPTN Mencapai 120 Ribu

Jumlah peserta diperkirakan mencapai 1,2 juta

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah dibuka sejak Senin (10/6) pukul 13.00. Menurut Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof. Ravik Karsidi, tercatat lebih dari 120 ribu peserta telah mendaftar untuk mengikuti seleksi.

Menurut Ravik, tidak ada halangan berarti dari pelaksanaan pendaftaran SBMPTN di dua hari pertama ini. "Sejauh ini tidak ada kendala," kata Ravik kepada IDN Times saat dihubungi pada Selasa (11/6) sore.

1. 120 ribu peserta sudah mendaftar

Baru Dua Hari Dibuka, Peserta yang Mendaftar SBMPTN Mencapai 120 RibuIDN Times/Istimewa

Berjalan selama dua hari dari total lebih kurang 14 hari waktu pendaftaran, tidak ada hambatan berarti yang dialami penyelenggara dan peserta SBMPTN 2019.

"Artinya sudah dua hari ini jalan. Yang mendaftar juga lancar," kata Ravik. "Setelahnya jumlahnya juga cukup banyak sudah lebih dari 120 ribu di dua hari ini," tambah dia.

Baca Juga: Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini, Kamu Sudah Siap Daftar?

2. Potensi pendaftar mencapai 1,2 juta peserta

Baru Dua Hari Dibuka, Peserta yang Mendaftar SBMPTN Mencapai 120 Ribusbmptn.ltmpt.ac.id

Pendaftaran SBMPTN dibuka selama dua pekan lamanya. Hal ini dilalukan bukan tanpa alasan. Menurut Ravik, waktu dua minggu adalah waktu yang proporsional dan cukup.

Ia memperkirakan ada 1,2 juta peserta yang akan mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN tahun ini. "Karena potensi yang akan daftar itu kira-kira sekitar 1,2 juta," kata Ravik menyebutkan alasan penetapan dua minggu waktu pendaftaran SBMPTN 2019.

"Jadi, mendasarkan pada itu, kami beri kesempatan sampai dua minggu. Karena kalau seminggu gak cukup," lanjutnya.

3. Pendaftaran dibuka hingga 24 Juni

Baru Dua Hari Dibuka, Peserta yang Mendaftar SBMPTN Mencapai 120 RibuIDN Times/Istimewa

Pendaftaran akan ditutup pada Senin (24/6) dua pekan mendatang. Waktu dua minggu diharapkan Ravik cukup untuk memberi ruang bagi peserta dapat dengan bijak menentukan pilihannya.

Pengumuman SBMPTN akan dilakukan secara online dan dapat diakses pada 9 Juli 2019 mendatang. "Nanti untuk jamnya akan diberitahu," katanya.

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Pendaftaran SBMPTN 2019

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You