Comscore Tracker

Ignasius Jonan Beberkan 3 Tip Mengisi Waktu Luang Kala Pandemik

Mau coba? #IWF2020

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, memberikan sejumlah tip dalam menghadapi pandemik COVID-19. Menurutnya, Millennials dapat melakukan beberapa hal agar tetap kreatif dan produktif di tengah masa pandemik COVID-19.

Hal ini ia sampaikan saat mengisi sesi "Be creative during pandemic" di acara Indonesia Writer Festival 2020 yang disiarkan secara daring melalui kanal YouTube IDN Times, Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sleman Terus Meningkat, Apa Langkah Pemkab?

1. Ignasius Jonan: Just wait

Ignasius Jonan Beberkan 3 Tip Mengisi Waktu Luang Kala PandemikFacebook/Ignasius Jonan

Ia mengatakan, anak muda yang masih berusia belasan maupun 20-an sebaiknya bersabar dulu.

"Kalau Anda umur belasan tahun, umur 20-an, just wait," ujar Jonan menyampaikan saran pertamanya. "Karena pandemi ini pasti suatu saat akan berakhir."

Menurutnya, pandemik COVID-19 memang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Bisa saja memakan waktu 6-12 bulan ke depan.

"Tergantung daripada distribusi vaksin di seluruh dunia. Tapi one day it will end," ujar dia.

2. Luangkan waktu untuk hobi dan passion

Ignasius Jonan Beberkan 3 Tip Mengisi Waktu Luang Kala PandemikMantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (YouTube.com/IDN Times)

Hal lain yang direkomendasikan Mantan Menteri ESDM untuk dilakukan millennials adalah menjalankan hobi dan passion yang dimiliki.

"Kalau saran saya, lakukan sesuatu yang kira-kira juga tidak melanggar protokol kesehatan," ujar Jonan.

"Mustinya bisa. Misalnya melakukan hobi yang dulu ketinggalan gak bisa dikejar," tambah dia.

Dia mengatakan, penting juga agar Millennials memilih melakukan hobi yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain.

3. Isi waktu untuk quality time bersama keluarga

Ignasius Jonan Beberkan 3 Tip Mengisi Waktu Luang Kala PandemikMantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (YouTube.com/IDN Times)

Jonan menambahkan, salah satu opsi yang dapat dilakukan millennials di masa pandemik ini adalah menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Kalau Anda generasi muda masih punya orangtua, menurut saya bagus sharing knowledge atau sering komunikasi (dengan orangtua)," ujar Jonan.

"Saya kasih tahu, suatu hari nanti kalau dunia kembali normal lagi dan orangtua Anda menjadi tua sekali, mungkin waktu untuk bercengkrama dengan orangtua itu menjadi sangat sangat mahal dan you will missed those time. You will miss the intimacy with the parents and the siblings and the family. Nah ini waktunya. This is a good time," ujar Jonan panjang lebar.

Baca Juga: Hanya Butuh 80 Detik, Alat Besutan UGM Bisa Deteksi COVID-19 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya