3 Tip Habiskan Waktu Kala Pandemik dari Ignasius Jonan, Mau Coba?

#IWF2020

Jakarta, IDN Times - Menjalani masa pandemik, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan membagi sarannya kepada para millennials dalam menghadapi pandemik COVID-19. Menurut dia, ada beberapa hal yang dapat dilakukan millennials agar tetap bisa kreatif di tengah masa pandemik COVID-19.

Hal ini disampaikan Jonan saat menjadi pembicara dalam sesi pertama dengan topik "Be creative during pandemic" di Indonesia Writer Festival 2020 yang disiarkan secara daring lewat kanal YouTube IDN Times, Sabtu (26/9/2020).

1. Ignasius Jonan: Just wait

3 Tip Habiskan Waktu Kala Pandemik dari Ignasius Jonan, Mau Coba?Facebook/Ignasius Jonan

"Kalau Anda umur belasan tahun, umur 20-an, just wait," ujar Jonan menyampaikan saran pertamanya.

"Karena pandemi ini pasti suatu saat akan berakhir," lanjut dia.

Jonan mengatakan memang belum ada yang bisa memastikan kapan tepatnya pandemik COVID-19 akan berakhir. Bisa saja memakan waktu 6-12 bulan ke depan. "

Tergantung daripada distribusi vaksin di seluruh dunia. Tapi one day it will end," ujar dia.

2. Luangkan waktu untuk hobi dan passion

3 Tip Habiskan Waktu Kala Pandemik dari Ignasius Jonan, Mau Coba?Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (YouTube.com/IDN Times)

Hal lain yang direkomendasikan Mantan Menteri ESDM untuk dilakukan millennials adalah menjalankan hobi dan passion yang dimiliki.

"Kalau saran saya, lakukan sesuatu yang kira-kira juga tidak melanggar protokol kesehatan," ujar Jonan.

"Mustinya bisa. Misalnya melakukan hobi yang dulu ketinggalan gak bisa dikejar," tambah dia.

Menurut Jonan, penting juga agar ,illennials memilih melakukan hobi yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain.

3. Isi waktu untuk quality time bersama keluarga

3 Tip Habiskan Waktu Kala Pandemik dari Ignasius Jonan, Mau Coba?Mantan Menteri ESDM periode 2017-2019 Ignasius Jonan menunjukkan kegiatan bercocok tanamnya. (Dok. Ignasius Jonan)

Menghabiskan waktu bersama keluarga di masa pandemik menurut Jonan menjadi salah satu opsi yang dapat dilakukan millennials.

"Kalau Anda generasi muda masih punya orangtua, menurut saya bagus sharing knowledge atau sering komunikasi (dengan orangtua)," ujar Jonan.

"Saya kasih tahu, suatu hari nanti kalau dunia kembali normal lagi dan orangtua Anda menjadi tua sekali, mungkin waktu untuk bercengkrama dengan orangtua itu menjadi sangat sangat mahal dan you will missed those time. You will miss the intimacy with the parents and the siblings and the family. Nah ini waktunya. This is a good time," ujar Jonan panjang lebar.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya