Comscore Tracker

Seperti Apa Ciri-ciri Anak yang Rentan Jadi Korban Pedofilia?

Orangtua perlu lebih peka mengamati perilaku anak

Jakarta, IDN Times – Komisioner bidang kesehatan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitti Hikmawaty memaparkan sejumlah ciri anak yang rentan menjadi korban kekerasan seksual oleh pedofilia.

Menurut dia, anak yang pendiam, tertutup, dan penyendiri lebih rawan menjadi korban. Oleh karena itu, orangtua harus lebih peka merasakan adanya perubahan sikap pada anak.

Penjelasan ini merupakan respons dari adanya bocah korban pemerkosaan pedofil yang terkena kanker rektum stadium 4, hal ini baru diakui korban pada Mei 2019 padahal kejadian pemerkosaan terjadi pada pertengahan 2018.

1. Anak yang cenderung pendiam dan tertutup perlu mendapatkan perhatian lebih

Seperti Apa Ciri-ciri Anak yang Rentan Jadi Korban Pedofilia?(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Tanda-tanda anak yang probabilitas menjadi korban pemerkosaan pedofil tinggi adalah mereka yang cenderung pendiam atau tertutup. Biasanya orangtua cenderung mendiamkan anak yang tertutup karena menganggap bahwa itu adalah sifatnya.

Maka dari itu pola asuh keluarga harus diasah agar anak mau terbuka dan berbicara banyak hal pada keluarga, maka dari itu keluarga bisa mengetahui perasaan seorang anak.

“Anak mampu bercerita tidak yang sepatah dua patah kata, tetapi bercerita secara komprehensif panjang lebar,” kata Sitti Hikmawaty saat dihubungi IDN Times, Selasa (26/11).

Baca Juga: Bantu Tiara, Bocah Korban Paedofil yang Kena Kanker Rektum Stadium 4

2. Anak yang suka menyendiri

Seperti Apa Ciri-ciri Anak yang Rentan Jadi Korban Pedofilia?Ilustrasi pemerkosaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Ciri yang kedua adalah anak yang sering menyendiri, sebaiknya jangan dibiarkan. Sitti mengatakan, jika seorang anak diibaratkan domba yang terpisah dari kawanannya, maka serigala akan lebih mudah mendekat. Saat itulah para pelaku pedofil akan berlagak layaknya penolong bagi anak dan memengaruhi mereka.

"Jangan terlalu tertutup, penyendiri, kemudian bimbang ragu memperlihatkan ada masalah itu memberikan pintu masuk bagi kelompok pedofil," katanya

3. Penting bagi orangtua lakukan deteksi dini

Seperti Apa Ciri-ciri Anak yang Rentan Jadi Korban Pedofilia?(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Terkait dengan masalah korban kekerasan seksual yang cenderung tertutup, Sitti juga menegaskan betapa pentingnya peran orang tua dan keluarga untuk mencermati perubahan sikap seorang anak. Jika seorang anak mulai tertutup atau menyembunyikan perasaannya, penting bagi orang tua untuk bisa mendeteksi sesuatu dari sang anak.

“Untuk mengenali ada sebuah masalah yang sedang disembunyikan, ketertutupan, perubahan psikologis seharusnya terdeteksi oleh orang tua, karena ini hal yang berat,” kata dia.

Baca Juga: Korban Pedofilia di Sumbar Kena Kanker, Ini Imbauan KPAI pada Orangtua

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya