Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Sempat Ngobrol dengan Warga

Warga tidak mengetahui bahwa itu adalah napi yang kabur

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, menjelaskan bahwa terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang ini diduga berada di Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Menurut keterangan warga, Cai Changpan sempat keluar hutan di tengah persembunyiannya.

"Masyarakat yang di sana sempat mengobrol dengan tersangka, pada saat itu di daerah Desa Babakan," kata dia di Polda Metro Jaya, Selasa (6/10/2020).

1. Dia sempat keluar beli makan

Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Sempat Ngobrol dengan WargaCai Changpan, WNA asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang jadi DPO (Dok. IDN Times/Istimewa)

Yusri juga mengatakan bahwa masyarakat tidak tahu kalau yang bersangkutan adalah seorang napi yang lari. Cai Changpan juga sempat keluar dari persembunyiannya untuk membeli makanan.

"Keluar ke desa, di pinggiran hutan ya," ujarnya.

Baca Juga: Bantu Cai Changpan Beli Pompa, 2 Petugas Lapas Bisa Jadi Tersangka

2. Foto Cai Changpan disebarkan ke warga sekitar Hutan Tenjo

Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Sempat Ngobrol dengan WargaProses pencarian Abubakar yang tersesat di dalam hutan (IDN Times/Istimewa)

Dengan adanya pengakuan warga tersebut, Yusri mengatakan bahwa kini pihaknya sudah menyebarkan gambar Cai Changpan. Karena saat dia keluar membeli makan, masyarakat tidak ada yang tahu bahwa itu adalah Cai Changpan yang sedang dikejar polisi.

"Diharapkan masyarakat bisa membantu apabila melihat, mengetahui untuk segera melaporkan, sebab petugas masih di lapangan semuanya," kata dia.

3. Polisi fokus menyisir Hutan Tenjo

Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Sempat Ngobrol dengan WargaIlustrasi Hutan (IDN Times/Sunariyah)

Yusri sebelumnya menjelaskan bahwa Brimob yang kini dikerahkan untuk mencari Cai Changpan sedang difokuskan menyisir wilayah Hutan Tenjo. Hutan Tenjo sendiri memang cukup luas karena meliputi 7 kelurahan dan 34 desa.

"Sehingga kita perkuat lagi dan tim masih bergerak di sana dan kita agak sedikit mengembang ke beberapa desa di sana. Yaitu pertama Desa Babakan, kemudian Pasir Madang, dan Pasar Rebo," kata Yusri, Senin, 5 Oktober 2020.

4. Ada 2 petugas lapas yang diduga terlibat dalam pelarian Cai Changpan

Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Sempat Ngobrol dengan WargaIlustrasi Napi (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk diketahui sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham, sebelumnya sudah menonaktifkan 5 petugas Lapas Kelas 1 Tangerang. Mereka dinonaktifkan untuk diperiksa.

Sementara itu, Yusri mengatakan, ada 2 petugas lapas yang diduga terlibat dalam pelarian Cai. Tim gabungan yang terdiri dari Lapas Tangerang, Polda Metro Jaya, dan Polres Tangerang Kota, masih melakukan gelar perkara terkait kasus ini.

"Gelar perkara untuk bisa menentukan status dari dua pegawai Lapas yang kemarin sudah disampaikan. Kemarin inisial S sebagai Wadanru (Wakil Komandan Regu), kemudian satu lagi berinisial ES, PNS daripada kesehatan di lapas sana. Ada indikasi kedua orang tersebut sehingga mengakibatkan larinya tersangka," kata Yusri.

Baca Juga: Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Punya Kemampuan Militer

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya