Disebut Kacung WHO, IDI Polisikan Jerinx

Jerinx diduga melanggar UU ITE

Jakarta, IDN Times - Drummer band Superman is Dead (SID), I Gede Ari Astana atau yang kerap dipanggil Jerinx, dilaporkan ke polisi atas unggahan di akun Instagram pribadinya, @jrxsid.

Laporan ini berkaitan dengan dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian. Jerinx dilaporkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Bali pada 16 Juli 2020, karena diduga menghina IDI dan rumah sakit yang disebut kacung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Dia (Jerinx) ada postingan atau kata-kata kalimat 'gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan rumah sakit dengan seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan tes COVID-19'," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi mengutip postingan Jerinx, saat dihubungi, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Dituding Jerinx Soal Aturan Ibu Hamil Wajib Tes COVID-19, Ini Kata IDI

1. Jerinx diduga melanggar UU ITE

Disebut Kacung WHO, IDI Polisikan JerinxInstagram.com/jrxsid

Dalam laporan tersebut, Jerinx diduga telah melanggar Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45A Ayat (2) dan atau Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Syamsi menjelaskan, pihaknya sudah memanggil Jerinx untuk dimintai keterangan, tetapi panggilan pertama Senin, 3 Agustus 2020, tidak dipenuhi.

2. Jerinx akan dipanggil kembali

Disebut Kacung WHO, IDI Polisikan Jerinxinstagram.com/jrxsid

Syamsi menjelaskan, penyidik Polda Bali akan memanggil kembali Jerinx untuk kedua kalinya pada Kamis, 6 Agustus 2020. Dia berharap, Jerinx bisa menghadiri pemanggilan berikutnya.

"Kita masih tunggu dulu, jadwalnya kan (panggilan kedua) hari Kamis nanti, yang bersangkutan mudah-mudahan hadirlah untuk diperiksa sebagai saksi," kata dia.

3. Jerinx kerap membuat heboh di media sosial

Disebut Kacung WHO, IDI Polisikan Jerinxinstagram.com/blitutde

Ini bukan kali pertama Jerinx membuat kehebohan terkait COVID-19. Sebelumnya dia mengunggah foto Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi, di akun Instagram pribadinya, @jrxsid, Jumat 17 Juli 2020.

Foto itu menampilkan dr Yovi mengenakan masker yang disertai teks, "DR INDRA YOVI : KALAU TIDAK PERCAYA COVID-19 BOLEH COBA MASUK RUANG ISOLASI TANPA APD." Mengunggah foto itu, Jerinx mengatakan merasa tertantang.

Sebelumnya Jerinx juga bikin heboh dengan sikap lantangnya menyuarakan konspirasi di balik pandemik COVID-19.

Baca Juga: Jerinx SID Sambut Tantangan Jubir Gugus Tugas COVID-19 Riau

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya