Jadi Penentu Awal Ramadan, Ini 5 Hal Mengenai Sidang Isbat

Isbat dilakukan untuk penetapan awal Ramadan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat pada Minggu (5/5) sore. Sidang isbat digelar untuk menentukan hari pertama Ramadan atau dimulainya bulan puasa.

Sidang isbat digelar setiap tahun sejak 1950. Nah, berikut 5 hal mengenai sidang isbat yang perlu kamu tahu!

1. Isbat berarti penetapan kebenaran

Jadi Penentu Awal Ramadan, Ini 5 Hal Mengenai Sidang IsbatANTARA FOTO/Nalendra

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Isbat diartikan sebagai penyuguhan, penetapan, dan penentuan. Sehingga sidang isbat sendiri merupakan penetapan dalil syar'i untuk suatu kejadian atau peristiwa di depan hakim dalam suatu majelis.

Di Indonesia sendiri, sidang isbat lebih dikenal sebagai sidang penetapan bulan Ramadan, Idul Fitri dan juga Idul Adha.

Baca Juga: Foto-foto Tradisi Padusan Menyambut Ramadan di Boyolali, Super Heboh 

2. Kementrian Agama membentuk Badan Hisab Rukyat

Jadi Penentu Awal Ramadan, Ini 5 Hal Mengenai Sidang IsbatIDN Times / Istimewa

Sidang isbat sudah dilakukan pemerintah sejak 1950. Karena hal tersebut menjadi rutinitas setiap tahunnya, pemerintah melalui Kementerian Agama membentuk Badan Hisab Rukyat (BHR) pada 1972.

Badan tersebut diisi para ulama dan ahli astronomi yang bertugas untuk memberikan informasi kepada Kementerian Agama mengenai bulan Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah. BHR sendiri berdiri resmi pada 2010 sesuai dengan Surat Keputusan Kementerian Agama RI no. 56 tahun 2010.

3. Sidang isbat pemerintah bisa berbeda dengan organisasi agama

Jadi Penentu Awal Ramadan, Ini 5 Hal Mengenai Sidang Isbataboutislam.net

Sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah dapat berbeda dengan organisasi agama lainnya seperti, Muhammadiyah dan Satariyah. Hal ini karena organisasi tersebut mempunyai cara penghitungan berbeda dalam menentukan awal Ramadan maupun idul fitri. Biasanya, organisasi tersebut memulai Ramadhan 1 hari lebih awal dibanding pemerintah.

4. Sidang isbat 2019 akan digelar malam ini

Jadi Penentu Awal Ramadan, Ini 5 Hal Mengenai Sidang Isbatnu.or.id

Dilansir dari Antara, sidang isbat akan dilakukan pada hari ini (5/5) atau bertepatan pada 29 Syaban 1440 H. Menurut Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB dengan pemaparan Tim BHR tentang posisi hilal menjelang awal 1440 H.

5. Sidang isbat akan dihadiri oleh beberapa ahli

Jadi Penentu Awal Ramadan, Ini 5 Hal Mengenai Sidang Isbatprelo.co.id

Sidang isbat akan dilakukan setelah salat magrib setelah adanya laporan hasil hilal dari lokasi pemantauan. Sidang kali ini dihadiri oleh beberapa ahli seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), serta beberapa Duta Besar negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut Amin, sidang akan dilakukan tertutup seperti biasanya namun hasilnya akan diumumkan secara terbuka dalam konferensi pers yang juga akan ditayangkan secara live streaming.

Baca Juga: Hari Ini KPK Panggil Menteri Agama untuk Kasus Rommy

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya