Tak Masuk Kabinet, Empat Partai Pengusung Jokowi Ini Gigit Jari

Salah satunya PSI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan nama-nama Menteri Kabinet Kerja Jilid II di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10) pukul 08:30 WIB.

Dari 38 nama menteri, hampir separuhnya berasal dari partai politik. Uniknya tak hanya partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat jatah kursi, tapi Gerindra pun ikut kecipratan rejeki.

Padahal Gerindra --bersama PKS, PAN, dan Partai Berkarya-- adalah pengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. Masuknya kader Gerindra ke dalam kabinet menjadi lebih ironis karena ada partai pengusung Jokowi yang gak kebagian jatah menteri.

Partai-partai tersebut yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PKPI, Hanura dan Perindo. Padahal keempatnya merupakan partai yang getol mendukung Jokowi-Ma’ruf pada masa Pemilu 2019.

Sementara lima partai pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin lainnya mendapat jatauh menteri. Mereka yakni PDIP, Golkar, PKB, NasDem, dan PPP.

Dari keenam partai tersebut, jumlah kader terbanyak yang menduduki posisi dalam kabinet periode ini berasal dari PDIP dan Golkar dengan empat kader.

Empat Menteri dari PDIP yaitu Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi,  Menteri Hukum dan HAM Yasonna Loaly, Menteri Kesejahteraan Sosial Juliari Batubara, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara empat menteri dari Golkar yaitu Airlangga Hartanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian, dan Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.

Mereka yang duduk di kursi menteri dari PKB yaitu Ida Fauziah sebagai Menteri Ketenagakerjaan, Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri Desa dan PDT, dan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

Sementara tiga menteri dari NasDem adalah Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian, Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Johnny G. Plate enteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sedangkan partai Gerindra hanya mendapatkan dua kursi menteri, yakni Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

https://www.youtube.com/embed/gu67B1qOlZU

Baca Juga: Sah! Menteri Kabinet Indonesia Maju Siap Bantu Jokowi-Ma'ruf 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya