Comscore Tracker

Suara Ledakan Bom Gereja Katedral Makassar Terdengar hingga 1 Km

Diduga pelaku 2 orang naik motor  

Jakarta, IDN Times - Ledakan terjadi di depan Gereja Katedral di Jalan Kartini, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (28/3/2021) pagi, terdengar hingga radius 1 km dari tempat kejadian.

Berdasarkan keterangan seorang saksi mata bernama Armin Hari, ledakan terjadi sekitar pukul 10.28 WITA. Ia mengaku mendengar ledakan ketika sedang menjalani tes swab antigen di apotek Kimia Farma yang tak jauh dari lokasi.

Suara ledakan bom begitu keras dan terdengar hingga radius jarak satu kilometer. "Saya sempat bertanya ke orang-orang, katanya itu trafo listrik yang meledak," ujar Amin Hari ketika diwawancarai Kompas TV. 

Ia lalu sempat naik ojek online menuju ke Jalan Kartini dan menemukan orang-orang sudah berlarian ke arah gereja. "Karena katanya di sana ada bom," tutur dia lagi. 

 

 

 

 

 

1. Jemaat masih berada di dalam gereja

Suara Ledakan Bom Gereja Katedral Makassar Terdengar hingga 1 KmIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengatakan, jemaat yang sedang beribadah belum bisa dikeluarkan karena khawatir akan terjadi ledakan susulan. Armin mengaku sempat mendengar ada beberapa orang yang berteriak bom. Selain itu, ia sempat melihat seorang pegawai toko yang bajunya terdapat bercak darah. 

"Pas saya tanya-tanya, ada juga petugas di Indomaret yang bajunya juga ada bercak darahnya. Ia bilang sempat menyelamatkan satu orang ibu dan empat anak yang berada di luar gereja," ujarnya.

Mobil-mobil jemaat yang biasanya terparkir di depan gereja sudah dipindahkan oleh para jemaat. Armin juga menyebut, sempat melihat ada bagian tubuh manusia di depan gereja itu. Saat ini, kata Armin, polisi sudah memasang garis polisi di sekitar Gereja Katolik Katedral Makassar.

2. Pelaku bom diduga sebanyak dua orang

Suara Ledakan Bom Gereja Katedral Makassar Terdengar hingga 1 KmIlustrasi Bom (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Pastor Gereja Katedral Makassar Wihelmus Tulak mengatakan pelaku bom bunuh diri berjumlah dua orang.

“Pukul 10.30 sesudah misa pertama. Pelaku naik motor 2 orang, mau masuk gereja, tapi ditahan petugas keamanan,” kata Wihelmus di Kompas TV.

Ia menjelaskan saat ini jendela di gereja mengalami kerusakan akibat ledakan. Kaca-kaca hotel yang berada di sekitar Gereja Kathedral Makassar pun juga ikut rusak akibat ledakan bom bunuh diri tersebut. 

3. Bom bunuh diri di depan gereja

Suara Ledakan Bom Gereja Katedral Makassar Terdengar hingga 1 KmIlustrasi Bom Meledak (IDN Times/Mardya Shakti)

Ledakan tersebut merupakan aksi bom bunuh diri. Hal itu dikonfirmasi Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol E Zulpan.

“Ya betul (bom bunuh diri),” ujarnya saat dikonfirmasi.

Zulpan mengatakan, terdapat korban meninggal dunia akibat bom tersebut. Namun, ia belum bisa merinci lebih lanjut.

Baca Juga: [BREAKING] Pelaku Bom Sempat Memaksa Masuk Gereja Katedral Makassar

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya