Comscore Tracker

Setelah Harley Davidson, Kini Viral Garuda Angkut Ferrari ke London 

DPR ingin video viral Ferrari diselidiki

Jakarta, IDN Times - Belum selesai kasus Harley Davidson dan Brompton, kali ini PT Garuda Indonesia kembali menjadi sorotan. Sebuah video pendek menyorot pengangkutan mobil jenis Ferrari berwarna merah, di kabin pesawat Garuda dengan tujuan Denpasar, Bali menuju Bandara Heathrow, London.

Dalam video yang saat ini menjadi viral, tampak petugas bersiap menurunkan mobil mewah tersebut.

Seperti apa pernyataan dari Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan tentang video viral berdurasi 7 detik itu? 

Baca Juga: IKAGI Rayakan Pencopotan Dirut Garuda Lewat Karangan Bunga

1. Ferrari diturunkan di Bandara Heathrow, London

Setelah Harley Davidson, Kini Viral Garuda Angkut Ferrari ke London IDN Times / Auriga Agustina

Menurut Ikhsan, Ferrari tersebut diangkut dari Indonesia ke London pada Agustus 2018 lalu. "Jadi ada pengiriman kargo dari Indonesia ke London. Itu kan kalau dilihat pesawat seri 777," kata Ikhsan.

Dan, jika dilihat lagi video yang beredar, menurut Ikhsan, terlihat peralatan naik turun barang yang bukan seperti di Indonesia. "Itu di Heathrow, London. Jadi itu legal. Pesawat kita sudah canggih, mampu mengirim benda ukuran besar. Wong, kita juga pernah bawa Panda dari China," ujar Ikhsan.

Baca Juga: Fakta Baru Onderdil Harley dan Brompton di Pesawat Garuda

2. Anggota DPR meminta video Ferrari yang viral diselidiki

Setelah Harley Davidson, Kini Viral Garuda Angkut Ferrari ke London IDN Times/Hana Adi Perdana

Soal beredarnya video tersebut, anggota Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade meminta pihak Garuda dan Bea Cukai turun tangan menyelidiki.  "Mengenai video viral itu kami belum tahu (kebenarannya). Itu video kapan, ada pelanggaran atau tidak, kami belum tahu," kata Andre Rosiade kepada IDN Times, Jumat (6/12).

Andre mengatakan, pihaknya sangat berharap video viral itu diteliti. Dengan demikian, masyarakat bisa tahu fakta yang sebenarnya.

"Sekarang kan pihak Garuda dan Bea Cukai lagi investigasi soal Harley dan Brompton. Harapan kami video viral ini juga bisa diteliti," ungkapnya.

3. Dua menteri turun tangan ungkap kasus penyelundupan di Garuda

Setelah Harley Davidson, Kini Viral Garuda Angkut Ferrari ke London Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Harley Davidson dan Sepeda Brompton Ilegal (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Kamis, kemarin, Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN membongkar penyelundupan motor gede Harley Davidson dan sepeda Brompton. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan harga Harley Davidson yang diselundupkan sebesar Rp800 juta. Harley tersebut merupakan tipe Softail Deluxe Motorcycle.

Sementara itu sepeda Brompton berkisar Rp50-Rp60 juta. Sepeda yang diselundupkan berjenis Brompton Explore Edition M6L. "Berdasarkan penelusuran, nilainya sampai Rp800 juta harleynya. Sedangkan Brompton 60-70 juta," ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers.

Setelah kasus itu terungkap, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Dirut PT Garuda Indonesia Ari Askhara. "Saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda. Kita kan terus melihat lagi apakah ada oknum lainnya," kata Erick.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Sri Mulyani Buka Suara Soal Penyelundupan Harley Davidson Pakai Garuda

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You