Yuk Intip Ketersediaan Tiket KA Angkutan Lebaran di Daop 6 Yogyakarta

Jangan lupa, rencanakan libur lebaran dengan baik ya!

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta mencatat penjualan tiket KA Lebaran keberangkatan dari stasiun di wilayah Daop 6 hingga Senin (27/2/2023) untuk keberangkatan Rabu (12/4/2023) dan Kamis (13/4/2023) masih berkisar 2 persen. Diketahui KAI telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1444 H sejak Minggu (26/2/2023).  

EVP PT KAI Daop 6, Raden Agus Dwinanto Budiadji mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik. Saat ini rata-rata penumpang harian kereta api yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta adalah 15.897 orang. Diperkirakan angka tersebut akan terus bertambah karena pemudik Lebaran tahun 2023 diprediksi mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.  

1. PT KAI berencana menambah kuota

Yuk Intip Ketersediaan Tiket KA Angkutan Lebaran di Daop 6 YogyakartaIlustrasi suasana stasiun kereta api. (Istimewa/PT KAI Daop 6).

PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran pada H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 12 April sampai dengan 3 Mei 2023. KAI menjual tiket pada angkutan Lebaran ini mulai H-45, maka per 1 Maret ini, tiket sudah dapat dibeli yaitu pada keberangkatan tanggal 12 hingga 15 April 2023.

Raden Agus mengatakan Daop 6 terus memantau dan mengevaluasi pergerakan dari penjualan tiket ini, guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengantisipasi melonjaknya penumpang di masa angkutan Lebaran. KAI berencana akan menambah kuota tiket dan jumlah perjalanan kereta api, setelah adanya analisa dan evaluasi terkait dengan dinamika permintaan tiket tersebut.

2. Syarat naik kereta api

Yuk Intip Ketersediaan Tiket KA Angkutan Lebaran di Daop 6 YogyakartaIlustrasi stasiun kereta api. (Istimewa/ PT KAI Daop 6).

Terkait syarat naik kereta api, KAI masih menerapkan aturan api sesuai SE Kemeterian Perhubungan Nomor 84 tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022. 

"Apabila nantinya pemerintah menetapkan perubahan persyaratan naik kereta api, maka KAI akan mendukung dan mematuhi kebijakan tersebut, serta akan segera menyosialisasikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Cara Berburu Tiket Kereta Api Jelang Mudik Lebaran  

Baca Juga: Seorang Penumpang Kereta Api Melahirkan di Stasiun Yogyakarta

3. Berbagai persiapan dilakukan

Yuk Intip Ketersediaan Tiket KA Angkutan Lebaran di Daop 6 YogyakartaIlustrasi persiapan angkutan lebaran. (Istimewa/PT KAI Daop 6)

Raden Agus memaparkan persiapan angkutan Lebaran, dari segi sarana dan prasarana Daop 6 secara berkala melakukan pengecekan. Jika terdapat kendala maka akan langsung ditangani agar pelayanan kepada pelanggan khususnya pada masa angkutan Lebaran nanti dapat maksimal.

Tidak hanya Daop 6, pemerintah pun turut melakukan pengecekan layanan kereta api melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) Kementerian Perhubungan. Mulai Selasa (28/2/2023) dari DitJenKA melakukan Ramp Check Standar Pelayanan Minimum (SPM) di Daop 6 selama 3 hari untuk mengecek apakah layanan KAI baik di dalam kereta api maupun stasiun sudah sesuai dengan standar. "Hal ini dilakukan guna menyukseskan angkutan Lebaran serta menjamin kenyamanan dan keselamatan pemudik nantinya," ungkap Raden Agus.

Ia berharap Daop 6 dapat melayani masyarakat terutama yang hendak mudik maupun balik nantinya dengan aman, nyaman, dan selamat. Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Baca Juga: 8 Fasilitas di Stasiun Tugu Jogja Ini Bikin Betah, Ada Shower Locker

Baca Juga: 10 Hotel Berbintang di Dekat Stasiun Lempuyangan, Strategis!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya