Survei Elektabilitas Rendah, Anies: Bukan Hasil Akhir

Tidak khawatir pada survei saat ini

Yogyakarta, IDN Times - Sejumlah survei Calon Presiden (Capres) menunjukkan elektabilitas Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, berada di bawah bacapres lainnya. Melihat survei itu, Anies meminta para pendukungnya tidak perlu khawatir, survei tersebut dinilai tidak menggambarkan hasil akhir.

Anies meminta para pendukungnya menjadikan hasil survei tersebut sebagai referensi saja. "Survei-survei itu cukup kita jadikan referensi. Jangan sampai membuat kita demotivasi, jangan membuat kita khawatir," kata Anies, saat menghadiri Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) BPW Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta (Jatijaya), di Graha Wanabhakti Yasa, Jalan Kenari Nomor 14 Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (18/5/2023).

1. Duga ada hasil survei lain

Survei Elektabilitas Rendah, Anies: Bukan Hasil Akhirilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Anies justru menduga ada upaya menutupi hasil survei lainnya. Survei yang menunjukkan elektabilitas dirinya mungkin lebih tinggi dibanding Bacapres yang lainnya yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Hal itu tidak lepas dari pengalamannya saat ditanya media, soal dugaan penjegalan dirinya, untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang. "Kalau disurvei nomor tiga ya kenapa harus dijegal? Mungkin mereka yang menjegal punya hasil survei yang sesungguhnya," kata Anies.

2. Tidak khawatir terhadap survei

Survei Elektabilitas Rendah, Anies: Bukan Hasil AkhirAnies Baswedan hadiri Milad ke-21 PKS DPW Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta (Jatijaya) di Kota Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Anies mengaku tidak khawatir terhadap survei saat ini. Dirinya mengambil contoh saat Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, ia juga berada pada posisi di bawah atau kalah. Namun, pada hasil akhir Anies dengan pasangannya Sandiaga Uno bisa memenangkan Pilkada.

"Dulu saat Pilkada Jakarta tidak ada satu pun survei yang memenangkan kami, percaya tidak? Sampai saat itu saya bilang, 'Ini sebenarnya (survei) hasil aspirasi masyarakat atau aspirasi penyelenggara survei?' Hari ini kita kembali menemukan (survei-survei yang menempatkan Anies di bawah) seperti itu lagi," ungkap Anies.

Baca Juga: Anies Ajak Pendukung Tak Perlu Mengcounter Label Negatif

3. Ajak fokus pada substansi

Survei Elektabilitas Rendah, Anies: Bukan Hasil AkhirAnies Baswedan hadiri Milad ke-21 PKS DPW Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta, di Kota Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Saat hadir di Milad PKS ke-21 itu, Anies mengajak fokus pada substansi saja. Ia menyebut tema yang diangkat pada Milad PKS ini tepat, 'Perubahan untuk Persatuan Bangsa'.

Terpenting menurutnya saat ini harus melihat bagaimana isu pendidikan, lapangan kerja dan masalah krusial lainnya. Mengubah ke arah yang lebih baik untuk kesetaraan dan kesejahteraan ke depan.

Baca Juga: Anies Baswedan Enggan Bocorkan Nama Kandidat Cawapres 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya