Ribuan Pekerja Transportasi dan Pelaku UMKM Menerima Apresiasi

Terima dana tunai hingga mobil di Hari Mitra Grab

Sleman, IDN Times - Grab kembali menggelar Hari Mitra Grab sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap para mitra, baik mitra pengemudi maupun mitra merchant, yang telah loyal dan berdedikasi. Sebanyak lebih dari 45 ribu penerima mendapatkan apresiasi berupa dana tunai, beasiswa, motor listrik, hingga mobil dengan total senilai Rp15,8 miliar.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, menyebut ajang ini sebagai hari-nya para Mitra. Selain menjadi wadah untuk mengapresiasi para Mitra, gelaran tahunan ini juga diharapkan dapat membawa kegembiraan lewat aktivitas hiburan, mulai dari penampilan dari musisi kenamaan hingga ajang unjuk bakat para Mitra.

“Kami juga senang Hari Mitra Grab tahun ini diramaikan oleh 1.000 perwakilan Mitra yang berasal dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia yang hadir secara langsung di Yogyakarta,” kata Neneng, di Grand Pacific, Sleman, Minggu (11/12/2022).

1. Apresiasi puluhan ribu pejuang transportasi dan umkm

Ribuan Pekerja Transportasi dan Pelaku UMKM Menerima ApresiasiHari Mitra Grab 2022 yang diselenggarakan di Yogyakarta pada Minggu (11/12/2022). (Dok. Grab).

Untuk perayaan Hari Mitra Grab kali ini, Grab bekerja sama dengan BenihBaik.com, platform crowdfunding untuk kegiatan sosial, yang memberikan apresiasi kepada lebih dari 45 ribu Pejuang Transportasi dan Pejuang UMKM. Hadiah tersebut berupa beasiswa GrabScholar bagi 1.158 anak mitra Grab dan masyarakat umum untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK, dan Universitas. Selain itu, juga diberikan dana tunai bagi 45 ribu penerima, dana operasional sebesar Rp25 juta untuk pengembangan bisnis bagi 100 pelaku UMKM, 44 unit motor listrik, dan 4 unit mobil.

Adapun Pejuang Transportasi mencakup pengemudi ambulans, personel pemadam kebakaran, Kereta Commuter Indonesia, MRT, TransJakarta, bus AKAP; penjaga pintu kereta api; serta pengemudi ojek online yang termasuk Mitra Pengemudi Grab. Sementara Pejuang UMKM merupakan para pelaku UMKM di bidang kuliner yang juga termasuk Mitra Merchant Grab.

Baca Juga: Pengusaha Muda Difabel Yogyakarta Meriahkan Festival Kreatif Inklusif 

2. Manfaat jangka panjang bagi penerima

Ribuan Pekerja Transportasi dan Pelaku UMKM Menerima ApresiasiEkspresi haru Ia Julaeha, Mitra Pengemudi Grab yang menerima mobil dari Program Apresiasi Dana Abadi di Hari Mitra Grab 2022 di Yogyakarta pada Minggu (11/12/2022). (Istimewa/Grab).

CEO & Founder Yayasan Benih Baik Indonesia, Andy F Noya, merasa senang BenihBaik.com dapat menjadi bagian dari Hari Mitra Grab untuk Program Apresiasi Dana Abadi. Para pekerja di sektor transportasi dan pelaku UMKM dapat dikategorikan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang kerap terlupakan keberadaannya, padahal kehadirannya sangat berharga dan mempermudah kehidupan masyarakat.

“Kami berharap apresiasi ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi para penerimanya,” kata Andy.

Salah satu mitra driver yang berasal dari Batam, Ia Julaeha, menyebut selama lima tahun menjadi Mitra Driver, Hari Mitra Grab jadi salah satu acara yang selalu ia tunggu-tunggu.

“Tahun ini, gak nyangka banget saya dapet mobil yang akan sangat membantu saya untuk menambah penghasilan dan bawa jalan-jalan. Anak saya juga kaget dan bangga banget sama saya,” ujar Ia.

3. Memberdayakan lebih banyak masyarakat

Ribuan Pekerja Transportasi dan Pelaku UMKM Menerima ApresiasiRichard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia (kiri); Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia (keempat kiri); Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO (keempat kanan). (Istimewa/Grab).

Rasa haru juga disampaikan Muhammad Amirudin yang berasal dari Denpasar. “Sejak pandemi, saya terkena dampak yang bisa dibilang signifikan bagi usaha saya, tak sedikit momen-momen saya ingin menyerah dan pengen gulung tikar aja. Tapi adanya pesanan konsumen yang masuk dari Grab memberikan saya harapan, perlahan usaha saya pun kembali pulih. Saya terharu banget bisa mendapatkan dana operasional untuk perluasan outlet, ga pernah ada dalam bayangan saya bisa nambah tempat usaha,” kata Amirudin.

Hari Mitra Grab dan Program Apresiasi Dana Abadi merupakan bagian dari inisiatif Grab for Good, yaitu program berkelanjutan jangka panjang untuk memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia dan memberikan lebih banyak pilihan serta kesempatan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi.

Baca Juga: Bantu UMKM, Gojek Komitmen Perluas Layanan GoSend Sameday di Jogja  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya