Malioboro Tetap Dibuka saat Perayaan Tahun Baru

Libur Nataru diperkirakan wisatawan mencapai 3,6 juta 

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan tidak ada perayaan malam tahun baru di kawasan Malioboro. Namun sejumlah pengaturan jalan akan  dilakukan untuk mencegah kemacetan.

Kota Yogyakarta memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan dari berbagai daerah. Pada momen libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan kunjungan wisatawan akan mencapai 3,6 juta orang. 

1. Acara pergantian tahun baru ditiadakan

Malioboro Tetap Dibuka saat Perayaan Tahun BaruIlustrasi Kawasan Malioboro. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Pemerintah Kota Yogyakarta tidak akan menggelar acara peringatan tahun baru sesuai arahan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. "Amanat dari Pak Gubernur DIY, tidak ada event (di Malioboro)," kata Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi, Kamis (22/12/2022).

 

2. Tidak ada penutupan di Malioboro

Malioboro Tetap Dibuka saat Perayaan Tahun BaruIlustrasi kawasan Malioboro (kemenpar.go.id)

Sumadi menyebut kawasan jalan Malioboro tetap dibuka, arus lalu lintas akan berjalan seperti biasa. "Kita sudah koordinasi kemarin tetap berjalan dan mengalir," ucap Sumadi.

Sumadi juga menyebut pihaknya melakukan beberapa simulasi untuk mengatasi potensi kemacetan saat libur Nataru. Semua komponen telah disiapkan, termasuk di kawasan wisata.

Baca Juga: Jadwal Misa Perayaan Natal Gereja Katolik di Jogja 

Baca Juga: 6 Acara Libur Nataru di Jogja Ada Jatilan sampai Dangdutan, Gratis! 

3. Pengamanan wisata dan perayaan natal

Malioboro Tetap Dibuka saat Perayaan Tahun BaruIlustrasi wisatawan memadati kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Idham Mahdi mengatakan pada momen libur Nataru Polresta Yogyakarta membuat tiga titik pos pengamanan. Pertama Pos Tugu Yogyakarta, selanjutnya Pos Teteg dekat parkir Abu Bakar Ali, dan Pos di Nol Kilometer Yogyakarta. "Pos pelayanan juga disediakan di sekitar Kebun Binatang Gembira Loka," kata Idham.

Menyambut perayaan Natal, Polresta Yogyakarta juga memastikan keamanan umat yang akan melakukan ibadah Natal. "Sterilisasi, pengamanan, pengecekan dan koordinasi dilakukan. Ratusan personel juga disiapkan untuk momen Nataru kali ini," terang Idham. 

Baca Juga: 7 Hotel Murah di Malioboro dengan Tarif Mulai Rp 100 Ribuan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya