Jadi Penentu Pemilu 2024, Anak Muda Perlu Memilih dengan Kesadaran

Anak muda jangan terlena dengan politik identitas

Sleman, IDN Times - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Al Makin, mengingatkan kepada pemilih di Pemilu 2024 mendatang, untuk memilih berdasar kesadaran, bukan karena iming-iming hadiah. Ia juga menekankan agar tidak ada politisasi identitas, dalam Pemilu.

Al Makin mengatakan bahwa dalam Pemilu yang berintegritas, penting bagi pemilih muda utamanya, untuk memilih dengan kesadaran dan bukan karena hadiah atau iming-iming lainnya. Rektor juga mengingatkan agar politik identitas tidak menjadi fokus dalam Pemilu. Menurutnya, agama dan politik tidak relevan, dan sentimen kelompok keagamaan dan politik justru bisa memunculkan perpecahan dan konflik.

1. Kampus turut mendukung suksesnya Pemilu

Jadi Penentu Pemilu 2024, Anak Muda Perlu Memilih dengan KesadaranRektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Prof Al Makin. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Rektor juga menekankan bahwa 'good man doesn't need law' dan bahwa orang buruklah yang menggunakan hukum untuk melegitimasi perbuatannya. "Oleh karena itu, persoalan ini tidak dapat diselesaikan secara hukum, tetapi secara moral," kata Al Makin, dalam Sosialisasi Pemilu 2024, Pemuda Sadar Pemilu, di Gedung R.H.A. Soenarjo, S.H. (Convention Hall) UIN Sunan Kalijaga, Jumat (5/5/2023).

Rektor menggarisbawahi bahwa kampus, seperti halnya pesantren dan institusi keagamaan lainnya, memiliki fungsi sebagai control group dan moral compass. Fungsi keagamaan harus dimainkan oleh kampus untuk mengontrol moral dan mengingatkan tentang etika dan integritas. Dalam hal ini, moral compass kampus dapat membantu menciptakan pemimpin yang jujur dan baik dalam Pemilu.

2. Berbagai peran dapat diambil anak muda

Jadi Penentu Pemilu 2024, Anak Muda Perlu Memilih dengan KesadaranKetua KPU DIY, Hamadan Kurniawan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan, memberikan informasi seputar preferensi anak muda terhadap kesiapan pemilu 2024. Ada lebih dari 20 persen anak muda yang menyatakan tidak siap dengan Pemilu 2024. Padahal anak muda Gen Z ini akan berperan besar dalam pemilu 2024. Untuk itu, Ketua KPU DIY mengajak anak muda untuk dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam Pemilu 2024.

Berbagai hal dapat dilakukan anak muda, dalam Pemilu 2024, di antaranya mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum melalui laman cekdptonline.kpu.go.id. Lalu, menjadi penyelenggara Pemilu dengan menjadi bagian dari KPU, KPU Provinsi, KPU Kab/Kota, PPPK, PPPS dan KPPS. Juga Bawaslu, Bawaslu Prov, Bawaslu Kab/Kota dan Pengawas Pemilu,

Selain itu juga bisa menjadi Pemantau Pemilu, melakukan pemantauan jalannya tahapan Pemilu. Tidak kalah pentingnya, anak muda dapat membantu sosialisasi Pemilu, mengampanyekan Pemilu Bersih antara lain dengan Gerakan Anti Politik Uang, Aksi Lawan Hoax, Jauhi Politik Pecah Belah, dan Nir kekerasan.

"Anak muda lebih selektif dalam menerima informasi dikarenakan masih ada tantangan berupa hoaks atau berita bohong terkait Pemilu," ujar Hamdan.

Baca Juga: Jelang Pemilu, Gen Z dan Milenial harus Belajar dari Tokoh Bangsa  

3. Anak muda penentu ke depan

Jadi Penentu Pemilu 2024, Anak Muda Perlu Memilih dengan Kesadaranilustrasi gen z dan milenial (IDN Times/Aditya Pratama)

Ketua Bawaslu DIY, Sutrisnowati memaparkan strategi Bawaslu DIY dalam mengawal pemilu yang sukses dan kondusif, yang melibatkan peran penting anak muda sebagai garda terdepan. Ketua Bawaslu DIY menjelaskan bahwa anak muda merupakan penentu baik tidaknya negara ini dalam 10 hingga 15 tahun ke depan, karena mereka akan menjadi pengganti dan memimpin mengambil alih tongkat kepemimpinan.

“Oleh karena itu, anak muda harus tidak hanya menjadi pemilih, tetapi juga turut serta dalam memastikan Pemilu berlangsung secara luber jurdil dengan mengamati dan menganalisis proses-proses Pemilu,” kata Sutrisnowati.

Baca Juga: Medsos Berpengaruh Besar di Pemilu, Gen Z dan Milenial Sudah Siap?

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya