Anies Baswedan Enggan Bocorkan Nama Kandidat Cawapres 

Saran dari PKS: Kuat hati dan iman

Yogyakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menyebut kriteria Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pilpres 2024 mendatang. Meski begitu, ia belum memberi bocoran nama-nama yang berpotensi mendampinginya.

Anies menyebut untuk Cawapres akan ada waktu tersendiri untuk mengumumkan. "Itu nanti terkait masalah pasangan, ada waktu akan diumumkan," ucap Anies seusai menghadiri Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPW Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta (Jatijaya), di Graha Wanabhakti Yasa, Jalan Kenari Nomor 14 Semaki, Umbulharjo, Kamis (18/5/2023).

1. Kriteria Cawapres Anies

Anies Baswedan Enggan Bocorkan Nama Kandidat Cawapres Anies Baswedan hadiri Milad ke-21 PKS DPW Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta (Jatijaya) di Kota Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Terkait kriteria dari Cawapresnya nanti, Anies menyebut sudah sering ia katakan. Pertama, harus memiliki misi pada kemenangan. Kedua, bisa bekerja sama dalam pemerintahan dengan baik.

"Ketiga dia bisa bekerja sebagai satu kesatuan. Empat, punya visi yang sama sehingga kiblatnya searah selangkah, itu kira-kira," jelas Anies.

2. Jumlah kandidat Cawapres Anies

Anies Baswedan Enggan Bocorkan Nama Kandidat Cawapres Bacapres, Anies Baswedan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Saat disinggung berapa nama yang sudah masuk radar Cawapres, Anies belum bisa menjawab secara gamblang. Namun, saat disinggung apakah calon wakil presiden nantinya dari kalangan nasionalis atau religius, Anies menjawab semuanya bisa masuk sebagai calon.

"Kalau saya bilang satu gimana? (soal berapa kandidiat Cawapres). Nanti aja lah, hari ini belum bisa diumumkan. (Nasionalis atau religius?) Semuanya," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Tanggapi Korupsi BTS Menkominfo, Anies Baswedan: Koalisi Tetap Solid

3. PKS tidak mengeluarkan syarat khusus

Anies Baswedan Enggan Bocorkan Nama Kandidat Cawapres Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan tidak ada syarat khusus dari PKS untuk Cawapres yang mendampingi Anies nanti. Terpenting menurutnya harus mempunyai chemistry yang sama dengan Anies.

"Gak ada lah, syaratnya yang penting dia bisa menang, itu aja. (Calon) Gak bisa chemistry gak sama, visi gak sama, isi gak kuat, mau menang susah. Cari yang pas dan bisa mengajak Anies jadi menang. Saran, kuat hatinya, kuat imannya," ungkap Habib Aboe.

Baca Juga: Siapa Cawapres yang akan Dampingi Ganjar? Ini Kata Pakar UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya