2 Maskapai Luar Negeri Bakal Landing di Bandara YIA Kulon Progo 

Wisatawan manca Prancis dan Spanyol mulai masuk ke Jogja

Yogyakarta, IDN Times - Angkasa Pura (AP) I menyebut dua maskapai dari luar negeri segera masuk ke Yogyakarta International Airport (YIA). Dua maskapai akan menambah jumlah penerbangan internasional di bandara yang terletak di Kulon Progo tersebut. 

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi menyebut saat ini untuk penerbangan internasional di YIA masih terbatas. “Sampai saat ini sudah ada dua penerbangan internasional tapi frekuensi masih terbatas. Ada Scoot Airlines dari Singapura dan AirAsia dari Kuala Lumpur,” ucap Faik, dalam Webinar Pariwisata Series #4, Road to Yogyakarta as a Responsible Tourism Destination, Jalan Tol: Peluang Membuka Investasi Sektor Kepariwisataan di Joglosemar, Rabu (26/10/2022).

1. Dua maskapai akan masuk ke Bandara YIA

2 Maskapai Luar Negeri Bakal Landing di Bandara YIA Kulon Progo Direktur Utama AP I, Faik Fahmi.IDNTimes/Herlambang Jati

Hadirnya Bandara YIA untuk membuka akses penerbangan internasional, namun disayangkan saat pengerjaan bandara selesai berbarengan dengan masa pandemik Covid-19 membuat keberadaan bandara baru menjadi tidak optimal. “Padahal dulu sudah diskusi dengan Qatar Airways, sekaligus beberapa penerbangan asing,” ucap Faik.

Di tengah pemulihan ekonomi, penjajakan dengan maskapai internasional mulai dilakukan. Disebut sejumlah maskapai tertarik segera masuk YIA. “Saya baru pulang dari Turki, mereka Turki Airlines, sangat berminat terbang ke Yogyakarta, saat ini tahap penjajakan. Untuk yang sangat dekat Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur dan satu lagi dari Thailand, Thai Smile Air segera masuk YIA,” ujar Faik.

2. Perlu sinergi pelaku wisata

2 Maskapai Luar Negeri Bakal Landing di Bandara YIA Kulon Progo Lahan parkir bandara Yogyakarta International Airport (YIA) IDN Times/Yogie Fadila

Faik menyebut untuk memaksimalkan YIA dan mendongkrak kunjungan wisatawan asing, aksesibilitas, konektivitas menjadi hal yang penting. Menurutnya maskapai asing tidak bisa dipaksa untuk beroperasi di YIA, perlu dukungan industri wisata untuk membuat daya tarik wisata.

“Menjadi faktor penting YIA, daya tarik perlu didorong bersama dan perlu kombinasi pelaku wisata lain. Bandara bagus saja tidak cukup, perlu destinasi wisata ditata dengan baik. Diskusi dengan airline juga konsentrasi mereka aksesibilitas dan konektivitas,” kata Faik.

Pada kesempatan itu Faik menyinggung adanya pembangunan jalan tol yang menghubungkan Yogyakarta dan Bandara YIA, akan lebih mendorong percepatan angkutan udara. Ditekankan oleh Faik, aksesibilitas ini menjadi sesuatu yang penting.

Baca Juga: Bandara YIA Kulon Progo Mulai Layani Penerbangan ke Singapura  

Baca Juga: 7 Tempat Belanja Oleh-oleh di Kulon Progo, dari Cokelat hingga Wingko

3. Diharapkan meningkatkan kunjungan wisman

2 Maskapai Luar Negeri Bakal Landing di Bandara YIA Kulon Progo Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Singgih Raharja menyebut terdapat maskapai dari luar negeri yang akan masuk ke YIA. Dia berharap bertambahnya penerbangan internasional dapat memacu pariwisata.

“Berharap dengan maskapai luar negeri dengan direct flight akan semakin mendorong tongkat kunjungan wisatawan mancanegara. Saat ini wisatawan masih didominasi domestik memang. Namun untuk wisatawan mancanegara mulai masuk dari Eropa, seperti Prancis, Spanyol,” ujar Singgih.

Baca Juga: Sosialisasi Tol Jogja-YIA Ditargetkan Selesai 1-2 Bulan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya