Comscore Tracker

Bikin Haru Netizen, Tenaga Medis Ucapkan Selamat Idulfitri Pakai APD  

Tenaga medis tetap merawat pasien saat Idulfitri

Jakarta, IDN Times - Seorang tenaga kesehatan bernama Karlina Kasim dari RSUD Mimika, Papua, mengirimkan ucapan Selamat Idulfitri yang isinya sangat mengharukan.

Dengan memakai alat pelindung diri (APD) dan sejumlah kertas berisikan tulisan, Karlina mengucapkan Selamat Idulfitri lewat video Tiktok-nya, Karlina melalui akun @29karlinakasim.

"Selamat hari raya Idulfitri 1 Syawal 1441H. Minal aidin wal fa-izin. Mohon maaf lahir & batin *Karlina Kasim RSUD Mimika #dirumahaja," tulisnya dalam video berdurasi 54 detik yang dilansir pada Sabtu (24/5).

Baca Juga: Kasus COVID-19 di DIY: Jumlah Pasien Sembuh Mencapai 118 Orang 

1. Pesan yang menyentuh warganet

Bikin Haru Netizen, Tenaga Medis Ucapkan Selamat Idulfitri Pakai APD  IDN Times/Bagus F

Hingga sampai Sabtu pagi ucapan itu telah ditonton lebih dari 4.600 kali dengan 59 kali retweet dan 81 likes setelah video itu diunggah di Twitter oleh akun lantip @lantip, dan 

"Sudah sahur hari terakhir dan ucapan ini yang benar-benar bikin hati maknyes. Baik-baik kalian semua ya, sehat-sehat terus. Sugeng riyadi. Maafkan kemiskinan dan kebodohan kami. Semoga semua bisa segera kembali berkumpul bersama keluarga," tulis lantip.

Hal senada diungkapkan akun @setiadi dan @ocania_. "Koq saya jadi keluar air mata ya...," tulis @setiadi. Sementara @ocania_ menulis, "Sedih ah.". 

2. Kasus virus corona di Indonesia

Bikin Haru Netizen, Tenaga Medis Ucapkan Selamat Idulfitri Pakai APD  Ilustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

Hingga Jumat (22/5), kasus virus corona di Indonesia mencapai 20.796 kasus. Jumlah itu meningkat 634 kasus dari hari sebelumnya (Kamis 21/5).

"Ini menunjukkan bahwa penularan masih terjadi, bahwa di luar masih ada sumber penularannya, bahwa di luar masih ada kelompok masyarakat yang rentan tertular," ujar Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19 Achmad Yurianto.

Yuri menambahkan jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia telah mencapai 1.326 kasus dan yang sembuh mencapai 5.057 orang.

3. Pemerintah tetapkan 1 Syawal pada 24 Mei

Bikin Haru Netizen, Tenaga Medis Ucapkan Selamat Idulfitri Pakai APD  Ilustrasi Bersalaman Lebaran (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020. Penentuan I Syawal itu dilakukan setelah Kemenag menggelar sidang isbat, Jumat (22/5) malam, di Kementerian Agama, Jakarta.

Sidang isbat dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Dia menyebutkan, dari pantauan hilal yang dilakukan Kemenag, tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal di 80 titik di 34 Provinsi.

"Sidang isbat secara bulat menyatakan 1 Syawal 1441 Hinriah jatuh pada hari Ahad tanggal 24 Mei 2020," kata Fachrul Razi dalam konferensi pers, seusai sidang isbat.

Baca Juga: 27 Tenaga Medis RSUD Depok Kena Corona, Diduga Akibat Pasien Tak Jujur

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya