Comscore Tracker

Hemat BBM dan Makanan, Lebaran di Rumah Aja Bisa Bikin Irit Lho

Lebaran saat pandemik gak usah mudik  

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 membuat lebaran tahun ini menjadi berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemik corona pemerintah membuat sejumlah aturan seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan dilarang mudik sehingga kita tak bisa berkumpul seperti biasa dengan keluarga besar. 

Kondisi ini tentunya tidak menyenangkan. Hanya kondisi itu ada dampak positifnya. Salah satunya dari segi finansial atau ekonomi. Nah apa saja ya dampak positifnya itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Bikin Haru Netizen, Tenaga Medis Ucapkan Selamat Idulfitri Pakai APD  

1. Tidak perlu bagi-bagi uang ke keponakan atau tetangga

Hemat BBM dan Makanan, Lebaran di Rumah Aja Bisa Bikin Irit LhoIDN Times/Anjani Eka Lestari

Gak bisa berkumpul dengan keluarga besar, keuangan kita tentunya bisa dihemat. Pasalnya, Lebaran identik dengan bagi-bagi uang atau THR ke anak kecil, baik itu ke kemenakan atau tetangga kita yang masih kecil. 

Kalau kita coba hitung, setidaknya kita mengeluarkan minimal Rp5.000 untuk satu orang anak. Andaikan kita berikan ke 30 anak kecil, kita bisa menghemat Rp150.000, lumayan bukan?

2. Tidak perlu masak terlalu banyak

Hemat BBM dan Makanan, Lebaran di Rumah Aja Bisa Bikin Irit LhoIlustrasi Ketupat (IDN Times/Indiana)

Penghematan lainnya ada dari makanan. Jika biasanya setiap lebaran kamu selalu membuat masakan dengan porsi yang dilebihkan, kali ini bisa sedikit mengerem. Dengan adanya PSBB, tentu kamu tidak perlu memasak terlalu banyak karena tamu yang akan datang tidak sebanyak biasanya.

Saat Lebaran tahun ini, kamu bisa mengurangi biaya untuk membeli bahan makanan seperti daging, ketupat, bahkan termasuk kue sekalipun.

3. Hemat biaya BBM untuk kendaraan

Hemat BBM dan Makanan, Lebaran di Rumah Aja Bisa Bikin Irit LhoIDN Times / Larasati Rey

Larangan mudik atau berkumpul yang dikeluarkan pemerintah, menjadikan kamu bisa menghemat untuk tidak membeli BBM kendaraan. Sebagai contoh, jika tahun lalu kamu mengisi bensin hingga Rp100 ribu untuk mobil, kali ini pengeluaran tersebut bisa kamu hapuskan.

Atau misalnya kamu pengguna motor, kamu biasa mengisi bensin Rp50 ribu selama Lebaran, kali ini kamu bisa menghemat karena tidak perlu bepergian.

4. Buah tangan untuk kerabat

Hemat BBM dan Makanan, Lebaran di Rumah Aja Bisa Bikin Irit LhoIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat Lebaran biasanya kamu akan sungkan jika berkunjung tidak membawa buah tangan untuk kerabat. Namun dengan adanya PSBB ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk buah tangan ini.

Nah kira-kira berapa pengeluaran yang kamu bisa hemat saat Lebaran tahun ini saat adanya pandemik COVID-19?

Baca Juga: Jokowi Larang Mudik, Tapi Kemenhub Bakal Izinkan Mudik dengan Syarat

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya