Comscore Tracker

Ini Kondisi Menhub Budi, setelah Diisukan Positif Corona 

Budi Karya absen selama beberapa hari dari pekerjaannya

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diisukan tertular virus corona, gara-gara lama tidak muncul di ruang publik. Beberapa hari belakangan Budi memang sudah absen dari kegiatannya sebagai Menteri Perhubungan.

Staf khusus Menhub bidang Komunikasi, Adita Irawati menyatakan mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu sedang mengalami gejala tifus dan asma. Pernyataan itu sekaligus membantah jika Menhub terkena Covid-19.

"Menanggapi isu yang beredar saat ini mengenai kondisi kesehatan Menteri Perhubungan RI, berikut ini disampaikan bahwa Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, tengah dalam perawatan di rumah sakit karena penyakit tifus dan asma yang sudah lama diderita. Saat ini kondisi Menhub stabil dan dalam pengawasan dokter," kata Adita melalui pesan pendek kepada IDN Times, Jumat (13/3).

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Kabur dari RS Persahabatan Sejak Minggu Lalu  

1. Budi Karya sudah absen selama beberapa hari dari pekerjaannya sebagai Menhub

Ini Kondisi Menhub Budi, setelah Diisukan Positif Corona Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. IDN Times/Hana Adi Perdana

Sebelumnya Adita juga pernah memberikan keterangan tertulis pada (10/3) lalu. Saat itu, Adita mengatakan Budi absen lantaran kena gejala tifus. Penyakit itu ia rasakan seusai melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Pare Pare, Kertajati, dan Indramayu.

"Beliau tetap melaksanakan pekerjaan dari rumah dan memantau tugas- tugas kementerian agar tetap berjalan seperti biasa," kata Adita ketika itu. 

Baca Juga: Virus Corona: Apa Itu Virus? Ini Asal Muasal dan Cara Terbentuknya

2. Walau sempat disebut sakit tifus sejak Selasa kemarin, tetapi Budi masih menerima kunjungan Menteri dari Belanda

Ini Kondisi Menhub Budi, setelah Diisukan Positif Corona Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 3 Maret 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski demikian, Budi masih sempat menerima kunjungan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Cora Van Nieuwenhuize. Pertemuan tersebut untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. Keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang transportasi.

Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/3).

3. Istana memperketat setiap pejabat yang masuk

Ini Kondisi Menhub Budi, setelah Diisukan Positif Corona Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, menyampaikan sambutannya pada pembukaan pameran arsitektur ARCH:ID di ICE. 27 Februari. IDN Times/Tyas Hanina

Sejak virus corona mewabah, pihak Istana juga sudah melakukan upaya pencegahan. Salah satunya memperketat siapa pun yang hendak masuk ke dalam lingkungan Istana. 

Istana melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap pegawai, tamu para pejabat dan menteri yang masuk. Hal itu sudah diberlakukan sejak (3/3) lalu. 

Pengecekan suhu menggunakan alat pengecek suhu tubuh yakni thermal gun. Alat ini bisa digunakan melihat kisaran suhu tubuh seseorang dengan 'menembaknya' ke arah dahi. Apabila suhu tubuh mereka di atas rata-rata yakni 37 derajat celcius, maka para tamu dan pegawai dilarang memasuki area Istana. 

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Istana Presiden Wajibkan Tes Suhu Badan

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya