Total Hartanya Rp4.000 Triliun, Ini Duda dan Janda Terkaya Dunia

Kekayaan keduanya melonjak selama pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Bos Amazon, Jeff Bezos, telah mengukuhkan diri sebagai orang terkaya dunia. Kekayaan pria berstatus duda itu berhasil mencatatkan rekor tertinggi sebesar Us$200 miliar atau sekitar Rp3.000 triliun.

Pada Agustus 2020, Bezos membuat lompatan yang tak pernah terjadi selama hampir empat dekade. Saham Amazon naik dua persen dan ini membuat kekayaan Bezos bertambah sebesar Rp72 triliun. Hal itulah yang membuat pundi-pundi pria 56 tahun itu melonjak.

Baca Juga: Ini 5 Orang Terkaya di Industri Fesyen, Tajirnya Bikin Minder!

1. Kekayaan Bezos jauh lampaui Bill Gates sebagai orang terkaya dunia

Total Hartanya Rp4.000 Triliun, Ini Duda dan Janda Terkaya Duniainstagram.com/thisisbillgates

Sementara itu, orang terkaya nomor dua di dunia, Bill Gates, memiliki kekayaan sebesar Rp1.701 triliun. Artinya, Bezos lebih kaya Rp1.290 triliun dibandingkan pendiri Microsoft tersebut.

Gates sendiri pernah menjadi orang pertama yang dijuluki centi-billionaire atau triliuner yang kekayaannya di atas USD100 miliar (Rp1.465 triliun dalam rupiah hari ini). Ini terjadi saat Microsoft mencapai kejayaan pada 1999.

Bahkan, ketika itu total aset Gates tidak sebesar Bezos sekarang yaitu Rp2.316 triliun dalam rupiah hari ini. Ini menjadikan rekor Bezos semakin menonjol, apalagi ketika banyak perusahaan mengalami paceklik karena pandemik COVID-19.

2. Mantan istri Bezos jadi wanita terkaya dunia

Total Hartanya Rp4.000 Triliun, Ini Duda dan Janda Terkaya DuniaJeff Bezos dan Mantan istrinya Mackenzie. businessinsider.com

Status Bezos sebagai orang terkaya dunia juga diikuti oleh mantan istrinya, MacKenzie Scott. Janda berusia 50 tahun itu dilaporkan memiliki kekayaan senilai US$68 miliar atau setara Rp999,6 triliun (kurs Rp14.700). Dia pun menjadi wanita terkaya dunia.

Pundi-pundi MacKenzie mampu menggeser pewaris L'Oréal, Francoise Bettencourt Meyers, yang sebelumnya menempati peringkat pertama wanita terkaya di dunia versi indeks Bloomberg Billionaire.

Menurut catatan Forbes, kekayaan Meyers mencapai USD65,5 miliar (Rp954 triliun). Secara keseluruhan, Meyers berada di jajaran 15 besar orang terkaya dunia.

Adapun kekayaan MacKenzie melonjak selama pandemik COVID-19. Salah satunya karena saham Amazon telah meningkat dari hampir US$2.000 menjadi US$3.500 per lembarnya sejak awal 2020.

3. Jeff Bezos dan MacKenzie Scott bercerai pada 2019

Total Hartanya Rp4.000 Triliun, Ini Duda dan Janda Terkaya DuniaJeff Bezos dan Mackenzie Bezos. inc.com

Bezos dan MacKenzie sebelumnya adalah pasangan suami-istri. Namun pada 2019, keduanya memutuskan untuk bercerai. Hal itu terjadi setelah hakim pengadilan Seattle mengabulkan permohonan perceraian mereka pada Jumat, 5 Juli 2019.

Dari perceraian tersebut, MacKenzie, wanita yang telah dinikahi Bezos selama 25 tahun, mendapatkan harga gono-gini sebesar US$38,3 miliar atau setara Rp563 triliun. Kekayaan tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang tunai melainkan saham Amazon.

Baca Juga: Elon Musk Geser Mark Zuckerberg sebagai Orang Terkaya Ketiga di Dunia

Topik:

  • Sunariyah
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya