Comscore Tracker

Ayo Cek, Hari ini Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual untuk Rute Tertentu

Sudah dimulai sejak hari ini mulai pukul 00.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu, maskapai penerbangan Citilink dan Lion Air grup akan menyediakan 30 persen tiket pesawat dengan harga 50 persen di bawah tarif batas atas (TBA) maskapai berbiaya murah atau LCC.

Keputusan itu menyusul hasil dari rapat koordinasi yang dilakukan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan stakeholder dan kementerian terkait beberapa waktu lalu.

Dengan keputusan tersebut, maka tarif tiket pesawat murah mulai berlaku hari ini Kamis (11/7). Namujn tidak semua rute mendapatkan potongan harga, rute mana saja itu? Simak laporannya.

1. Berlaku pada waktu tertentu

Ayo Cek, Hari ini Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual untuk Rute TertentuTribunnews.com

Pemberlakuan tarif tiket pesawat yang berlaku pada 3 hari penjualan tiket murah ini, berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu yang dimulai pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

"Akan berlaku besok dengan ketentuan waktu," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di Jakarta, Rabu (10/7).

2. Tiket murah merupakan komitmen pemerintah dan maskapai

Ayo Cek, Hari ini Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual untuk Rute TertentuIDN Times/Holy Kartika

Susi menegaskan, penyediaan tiket murah menjadi komitmen bersama antara pemerintah dengan maskapai. Menurut dia, dampak tarif tiket pesawat yang tinggi juga tidak hanya dirasakan masyarakat.

"Kalau makin tinggi tiket penerbangan, Angkasa Pura I dan II secara pendapatan juga turun, oleh karena itu ini adalah kepentingan sama-sama menjaga agar industri penerbangan terjaga," tuturnya.

3. Rincian jumlah kursi yang disediakan maskapai

Ayo Cek, Hari ini Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual untuk Rute TertentuIDN Times/Holy Kartika

Citilink sendiri akan menyediakan sebanyak 62 penerbangan penerbangan per harinya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dengan menyiapkan sebanyak 3.348 kursi.

Sedangkan Lion Air Group sendiri akan menyediakan sebanyak 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan sebanyak 8.278 kursi. Adapun kebijakan ini nantinya tidak perlu menunggu aturan dari pemerintah.

4. Rute-rute favorit pun dapatkan pemberlakuan tiket murah

Ayo Cek, Hari ini Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual untuk Rute TertentuIDN Times/Rahmat Arief

Dari salinan rute penurunan tarif tiket, tercatat ada 146 rute yang diberlakukan. Beberapa diantaranya rute dari Jayapura-Ujung Pandang, Denpasar-Halim Perdana Kusuma, Halim-Yogyakarta, Surabaya-Palembang, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Adi Sucipto, Denpasar-Adi Sucipto, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Diskon Tiket Pesawat 50 Persen, Pengamat: Kebijakan Setengah Hati

5. Berikut daftar lengkap rute dan kode penerbangannya

Ayo Cek, Hari ini Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual untuk Rute Tertentu
Ayo Cek, Hari ini Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual untuk Rute Tertentu

Baca Juga: Terbit Terburu-Buru, Aturan Tiket Pesawat Murah Dinilai Kebijakan Aneh

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You