Comscore Tracker

Erick Thohir Copot Dirut Garuda, Negara Dirugikan Rp1,5 Miliar 

Erick Thohir: "Terima kasih Bea Cukai dan Ibu Sri Mulyani"

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencopot Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Ari Ashkara. Pencopotan dilakukan berdasarkan bukti laporan dari komite audit pada 2018 tentang adanya permintaan dari Ari Ashkara yang memberikan instruksi untuk mencari Harley Davidson tipe klasik. 

"Saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda. Kita kan terus melihat lagi apakah ada oknum lainnya," ujar Erick dalam konferensi pers yang digelar bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Kamis (5/12).

 

Baca Juga: Heboh Penyelundupan Sepeda Brompton, Ini Info Harga dan Kehebatannya 

1. Erick Thohir mengucapkan terima kasih kepada Bea Cukai dan Sri Mulyani

Erick Thohir Copot Dirut Garuda, Negara Dirugikan Rp1,5 Miliar Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Harley Davidson dan Sepeda Brompton Ilegal (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Erick pun mengucapkan terima kasih kepada Bea Cukai yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Dia juga mengucapkan terima kasih ke Menteri Keuangan Sri Mulyani yang langsung menindaklanjuti kasus tersebut.

"Saya mengucapkan apresiasi luar biasa kepada Dirjen Bea Cukai dan tim. Terima kasih juga Bu Menkeu langsung menindaklanjuti secara langsung. Saya terima kasih kepada komisi XI yang hadir," tuturnya.

Ia menyayangkan hal yang dilakukan oleh Ari lantaran tidak melakukannya sesuai prosedur. Dirinya menegaskan bahwa integritas harus dijaga untuk seluruh jajaran BUMN.

"Alhamdulillah dewan komisaris mengirimkan surat ke saya dan komite audit ke saya. Ini hal yang penting di Kementerian BUMN bagaimana integritas dan good corporate governance harus dilaksanakan sebaik-baiknya," tegasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Selundupkan Harley, Dirut Garuda Ari Ashkara Dicopot

2. Kerugiaan negara mencapai Rp1,5 miliar

Erick Thohir Copot Dirut Garuda, Negara Dirugikan Rp1,5 Miliar Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Harley Davidson dan Sepeda Brompton Ilegal (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Aksi penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat Garuda Indonesia membuat negara mencatat kerugian hingga Rp532 juta sampai Rp1,5 miliar. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Total kerugian negara Rp532 juta sampai Rp1,5 miliar."  Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa harga Harley Davidson yang diselundupkan sebesar Rp800 juta. Harley tersebut merupakan tipe Softail Deluxe Motorcycle.

Sementara itu sepeda Brompton berkisar Rp50-Rp60 juta. Sepeda yang diselundupkan berjenis Brompton Explore Edition M6L. "Berdasarkan penelusuran, nilainya sampai Rp800 juta Harley-nya. Sedangkan Brompton 60-70 juta," ungkapnya.

Saat ini, Bea Cukai masih melakukan investigasi lebih lanjut. "Bea Cukai masih proses penelitian terhadap ground handling dan nama penumpang dalam claimtag," tegasnya.

Dalam konferensi pers itu Sri Mulyani memberikan keterangan bersama Menteri BUMN Erick Thohir. Erick memberhentikan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Ari Ashkara karena terkait kasus penyelundupan tersebut. Ari diketahui memberikan instruksi untuk mencari Harley pada 2018.

3. Terdapat 22 penumpang di dalam pesawat

Erick Thohir Copot Dirut Garuda, Negara Dirugikan Rp1,5 Miliar Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Harley Davidson dan Sepeda Brompton Ilegal (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap ada 22 penumpang yang berada di pesawat Garuda Indonesia jenis A330-900 yang ketahuan menyelundupkan Harley Davidson dan sepeda Brompton dari Toulouse, Prancis.

Berikut nama-namanya:

1. I Gusti Ngurah Askhara (Dirut Garuda)
2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi (Istri Dirut Garuda)
3. Iwan Joeniarto (Direktur Teknik dan Layanan Garuda)
4. Etty Rasfigar
5. Mohammad Iqbal (Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha)
6. Ratih Agustanti
7. Retno Bayusari Sukradewi
8. Heri Akhyar (Direktur Capital Human)
9. Widyasih Tumono
10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari
11. Lokadita Sedimesa Brahmana
12. Simon Theo Pimpin Nainggolan
13. Satyo Adi Swandhono
14. Nova Wijayanti Ponardi
15. Muhammad Fuad Rasyidi

16. Helmi
17. Sugiono
18. Martha Emyua Taurisia
19. Judis Priastono Utama
20. Joe Surya
21. Alberto Blanco Lopez
22. Laurent Jean Yves GodinPenyelundupan ini diketahui petugas Bea Cukai saat melakukan pemeriksaan pesawat baru di Garuda Maintenance Facility pada Minggu 1 Desember 2019.

Baca Juga: Garuda Sebut Penyelundupan Moge Harley Davidson oleh Penumpang Biasa

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya