Satgas COVID-19 Klaim Nonton Bioskop Bisa Tingkatkan Imunitas

Yakin, nih, bioskop di Jakarta mau dibuka kembali?

Jakarta, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 kini bersiap mengizinkan bioskop beroperasi di tengah pandemik yang belum mereda. Sebab, menurut klaim mereka, menonton bioskop diklaim bisa meningkatkan imunitas tubuh manusia.

"Bioskop dan sinema memang memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia," kata Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (26/8/2020).

1. Protokol yang diterapkan sebelum masuk bioskop

Satgas COVID-19 Klaim Nonton Bioskop Bisa Tingkatkan ImunitasIlustrasi bioskop (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Meski sudah diizinkan kembali, Wiku menjelaskan ada sejumlah protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan. Protokol tersebut antara lain antrean yang berjarak 1,5 meter hingga menjaga akses keluar-masuk bioskop.

Ia menyarankan hanya kelompok umur 12-60 tahun yang boleh masuk ke bioskop. Selain itu, diusahakan pengunjung tidak memiliki penyakit penyerta lainnya seperti penyakit jantung, kencing manis, penyakit paru-paru, penyakit ginjal, dan penyakit imunitas rendah lainnya.

"Pengunjung harus dalam kondisi sehat, tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat celcius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, bersin, dan sesak napas," jelasnya.

Baca Juga: Wacana Bioskop DKI akan Buka Lagi, DPRD Ingatkan Anies soal Ini

2. Wajib memakai masker saat di dalam bioskop

Satgas COVID-19 Klaim Nonton Bioskop Bisa Tingkatkan ImunitasIlustrasi Bioskop (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kemudian, Wiku meminta pengelola bioskop mengatur jarak kursi antar-penonton di dalam gedung bioskop. Bagi semua pihak yang berada di bioksop juga wajib memakai masker.

"Kami menyarankan masker yang digunakan paling tidak dengan kemampuan filtrasi yang setara dari masker bedah. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak terjadi potensi penularan antar pengunjung," jelas Wiku

3. Anies Baswedan sudah wacanakan pembukaan kembali bioskop di wilayah DKI Jakarta

Satgas COVID-19 Klaim Nonton Bioskop Bisa Tingkatkan ImunitasGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa bioskop di Jakarta akan kembali dibuka meski pandemik COVID-19 belum selesai.

Anies mengungkapkan, rencana pembukaan bioskop berdasarkan studi dan kajian pakar soal pengelolaan bioskop yang sudah dilakukan berbagai negara. Hal ini juga telah didiskusikan dengan Satgas COVID-19 hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Jadi 47 negara saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama pandemi termasuk puncak pandemi mereka di sana bioskop tidak ditutup," katanya.

Baca Juga: Anies Baswedan: Bioskop di Jakarta akan Kembali Dibuka

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya