Comscore Tracker

Bioskop Segera Dibuka, Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dilakukan 

Penonton yang datang harus dalam kondisi sehat 

Jakarta, IDN Times - Bioskop yang sudah lama tutup akibat pandemik COVID-19 bakal  dibuka lagi. Pemerintah memberikan lampu hijau pembukaan bioskop karena bisa meningatkan imun masyarakat.

Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan pembukaan bioskop dapat meningkatkan imunitas dan telah dikaji mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi, dan sosial.

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” kata Wiku pada konferensi pers di Media Center Satgas Nasional, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

1. Harus jaga jarak setidaknya 1,5 meter

Bioskop Segera Dibuka, Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dilakukan unsplash.com/Kilyan Sockalingum

Wiku menjelaskan meski dibuka pengelola bioskop wajib memenuhi protokol kesehatan yang ditentukan. Wiku mengatakan antrean masuk dan keluar dari fasilitas bioskop dijaga dengan ketat dengan menjaga jarak yang baik, minimal 1,5 meter sehingga tidak ada kontak pengunjung.

“Demikian pula kesiapan dari penyelenggara, mereka harus dilatih dengan baik supaya dapat betul-betul memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan tertib selama dalam proses pembukaan bioskop,” ujarnya.

Baca Juga: Dipercaya Tingkatkan Imunitas Seseorang, Bioskop akan Segera Dibuka 

2. Datang ke bioskop harus dalam keadaan sehat

Bioskop Segera Dibuka, Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dilakukan IDN Times

Syarat lainnya yang ditentukan Satgas Nasional yakni pengunjung bioskop dengan usia rentang di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Mereka yang diperbolehkan menonton adalah yang tidak memiliki penyakit penyerta seperti jantung, kencing manis, paru-paru, ginjal atau penyakit imunitas rendah lainnya.

“Selain itu, dalam kondisi sehat, tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat Celcius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, bersin, atau sesak napas. Dan itu harus dijalankan dengan protokol yang ketat,” ujar Wiku.

3. Penonton gak boleh makan minum saat nonton

Bioskop Segera Dibuka, Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dilakukan freepik.com/freepik

Wiku menambahkan aturan lainnya selama menonton, pengunjung tidak boleh makan dan minum serta selalu menggunakan masker dari sejak awal hingga selesai. Kemudian, pembatasan waktu di dalam ruangan bioskop dijaga tidak lebih dari 2 jam.

Di samping itu, jarak antar kursi dilakukan dengan baik sehingga berjarak. Menurut Wiku, ini dilakukan untuk menghindari kontak antar pengunjung dan juga tidak ada kontak dengan petugas.

Pemesanan tiket dilakukan secara fisik melainkan dengan online. Ini bertujuan juga untuk mempermudah pengecekan data untuk keperluan tracing apabila ditemukan kasus.

Baca Juga: Bolak-balik Batal Buka, Akankah Bioskop Tutup Permanen?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya