Comscore Tracker

Mahfud MD Sebut Habibie Berotak Jerman dan Berhati Makkah

Mahfud MD berbagi kesan tentang Habibie

Jakarta, IDN Times - Indonesia berkabung karena kehilangan salah satu putra terbaik bangsa, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang tutup usia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta

Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD pun berkomentar tentang kesannya terhadap almarhum Habibie. Ia menilai Habibie adalah sosok yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi namun tidak melupakan nilai-nilai Islam yang selalu diterapkan di setiap ilmu pengetahuan yang diterimanya tersebut.

“Habibie berotak Jerman berhati Makkah. Hatinya selalu kepada Allah tapi ilmu pengetahuannya maju pesat selalu mengabdi kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

1. Berjasa besar bagi kemajuan iptek di Indonesia

Mahfud MD Sebut Habibie Berotak Jerman dan Berhati MakkahIDN Times/Arief Rahmat

Mahfud mengatakan Habibie memiliki jasa yang luar biasa bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

“Bahkan Pak Habibie juga yang menemukan istilah Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan disambung dengan Imtaq (iman dan taqwa) itulah sebabnya Pak Habibie sering disebut (sosok) agamis itu seperti Habibie,” kata Mahfud di rumah duka, Jalan Patra XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

2. Pelopor pemilu yang tidak haus jabatan

Mahfud MD Sebut Habibie Berotak Jerman dan Berhati MakkahANTARA FOTO/Jaka Sugiyanta

Mahfud mengatakan, Habibie bukan penguasa yang haus jabatan dan kekuasaan.

“Pak Habibie adalah orang luar biasa, bukan hanya mau berjuang untuk kepentingan-kepentingan yang menguntungkan dirinya, tapi juga mengorbankan seluruh yang ia miliki untuk kepentingan negara ini,” katanya.

Menurut Mahfud, Habibie adalah pelopor lahirnya pemilihan umum (pemilu) di Indonesia. Dari tangannya lah, saat ini masyarakat Indonesia bisa memilih pemimpin sesuai yang dikehendaki rakyat.

“Kita tahu pada 1998 itu kalau Beliau mau bertahan, secara konstitusi Beliau bisa jadi presiden sampai 2003. Tapi Beliau langsung mengumumkan ‘saya akan mengadakan pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya sendiri melalui pemilu yang baik’. Dan terjadilah pemilu yang baik setelah puluhan tahun negara ini tidak pernah mengadakan pemilu dengan baik,” tutur Mahfud.

3. BJ Habibie adalah Sosok yang Angkat Derajat Orang Islam

Mahfud MD Sebut Habibie Berotak Jerman dan Berhati MakkahIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Mahfud mengaku ia merasa bangga kepada BJ Habibie sebagai sesama Muslim.

“Sebagai anak bangsa, saya bangga kepada beliau terutama sebagai sesama Muslim karena beliau menunjukkan diri sebagai seorang Muslim yang moderat, Muslim yang bisa bergaul dengan semua golongan seperti yang diimpikan oleh pendiri negara,” ujarnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menambahkan, Habibie juga merupakan tokoh sentral yang dapat mengangkat derajat umat Islam dari berbagai macam stigma negatif.

“Beliau juga menjadi contoh pembuka pintu ketika orang-orang Islam merasa inferior, tidak bisa apa-apa, kolot, bodoh, tapi Pak Habibie membuktikan bahwa ada anak Islam dan bisa anak-anak Islam itu maju seperti Pak Habibie,” tuturnya.

“Sehingga Pak Habibie itu lalu menjadi role model yang dibanggakan oleh anak Indonesia,” sambungnya.

“Kita sangat kehilangan, mudah-mudahan beliau dapat surga-Nya dan segera bertemu ibu Ainun Habibie seperti yang selalu diceritakannya kepada kita,” imbuhnya.

Baca Juga: Kalimat Quraish Shihab Ini Membuat Habibie Menangis Sebelum Wafat

Topic:

  • Paulus Risang
  • Septi Riyani

Just For You