Mahfud MD: Habibie Berotak Jerman Berhati Makkah

Jenazah Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata

Jakarta, IDN Times - Indonesia kehilangan sosok ilmuan dan teknokrat Bacharuddin Jusuf Habibie yang meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD mengatakan Habibie memiliki jasa yang luar biasa bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

“Bahkan Pak Habibie juga yang menemukan istilah Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan disambung dengan Imtaq (iman dan taqwa) itulah sebabnya Pak Habibie sering disebut (sosok) agamis itu seperti Habibie,” kata Mahfud di rumah duka, Jalan Patra XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Ia menilai Habibie adalah sosok yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi namun tidak melupakan nilai-nilai Islam yang selalu diterapkan di setiap ilmu pengetahuan yang diterimanya tersebut.

“Habibie berotak Jerman berhati Makkah. Hatinya selalu kepada Allah tapi ilmu pengetahuannya maju pesat selalu mengabdi kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

“Kita sangat kehilangan, mudah-mudahan beliau dapat surga-Nya dan segera bertemu ibu Ainun Habibie seperti yang selalu diceritakannya kepada kita,” imbuhnya.

Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada pukul Kamis pukul 13.30 WIB. Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut.

Baca Juga: Kalimat Quraish Shihab Ini Membuat Habibie Menangis Sebelum Wafat

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya