Viral Suara Dentuman Hebohkan Warga Jateng, Berasal dari Pesawat Jet

Dentuman dampak dari sonic zoom, warga tak perlu panik

Semarang, IDN Times - Stasiun Geofisika Banjarnegara menyatakan suara dentuman yang terdengar hingga ke beberapa wilayah di Jawa Tengah diperkirakan akibat dari dampak sonic zoom. Suara dentuman tersebut terdengar sampai ke Solo, Grobogan, dan Sragen.

1. Stasiun Geofisika perkirakan dentuman dari pesawat jet

Viral Suara Dentuman Hebohkan Warga Jateng, Berasal dari Pesawat JetAnadolu Agency

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengungkapkan sonic zoom merupakan gelombang kejut atau shock waves yang dipicu dari suara pesawat jet yang diperkirakan melintas di wilayah Jawa Tengah.

"Itu gelombang suaranya melebihi kecepatan suara umumnya maupun aktifitas vulkanik," ujar Setyoajie saat dikontak IDN Times, Senin (10/5).

Baca Juga: BMKG: Suara Dentuman di Jawa Tengah Bukan Aktivitas Gempa Tektonik

2. Di saat bersamaan juga ada sambaran petir

Viral Suara Dentuman Hebohkan Warga Jateng, Berasal dari Pesawat Jetmedium.com

Ia mengaku bila ditelisik dari analisis meteorologis, terangnya, sebagian besar ada awan hujan yang lebih terkonsentrasi di utara dan pesisir selatan Jawa. Pihaknya juga menerangkan bahwa kondisi tersebut konsisten dengan distribusi sambaran petir pada tanggal 10 hingga 11 Mei 2020 pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB.

Menurutnya sambaran petir hanya ada di wilayah Utara, Barat Laut, Barat, Barat Daya, Selatan dan Tenggara Jateng.

"Sehingga kecil kemungkinan suara dentuman tersebut dipicu oleh aktivitas sambaran petir, dikarenakan tidak adanya aktivitas sambaran petir di lokasi terdampak pada rentang waktu itu," jelas Setyoajie.

3. Dentuman tidak ada kaitannya dengan gempa

Viral Suara Dentuman Hebohkan Warga Jateng, Berasal dari Pesawat JetDok. IDN Times

Ia juga menekankan bahwa fenomena suara dentuman yang terdengar oleh beberapa warga, tidak ada kaitannya dengan aktivitas seismik alias gempa tektonik sesar lokal dari kawasan Baribis Kendeng maupun zona subduksi selatan Jawa.

"Lebih baik bisa dikonfirmasikan ke Airnav Semarang karena di sana yang bisa langsung memonitor pergerakan pesawat terbang yang melintas di Jawa Tengah dan sekitarnya. Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

4. Airnav: Kita belum melacaknya

Viral Suara Dentuman Hebohkan Warga Jateng, Berasal dari Pesawat JetDok. IDN Times

Terpisah, Manajer Operasional Airnav Semarang, Kelik Wijanarko, menyebut proses monitoring aktivitas pesawat selama masa pandemik virus corona (COVID-19) masih terbatas.

"Hasil pemantauan kita masih terbatas jadi belum bisa melacaknya," tandasnya.

Baca Juga: Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jateng, Trending di Twitter  

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya