Comscore Tracker

Warga Kaget Suara Dentuman, Dipastikan Berasal dari Pesawat Jet 

Warga diimbau tenang dan tidak terpengaruh berita bohong 

Semarang, IDN Times - Suara dentuman yang mengagetkan warga di daerah Solo hingga Yogyakarta pada tanggal 9 dan 11 Mei dini hari, diperkirakan berasal dari gelombang kejut atau shock waves yang dipicu dari pesawat jet.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie memastikan dentuman yang terjadi tidak berkaitan dengan aktivitas alam, yaitu petir atau gempa. Menurut Setjoaje suara diduga dipicu dari sonic zoom atau gelombang kejut diperkirakan berasal dari suara pesawat jet yang diperkirakan melintas di wilayah Jawa Tengah.

"Itu gelombang suaranya melebihi kecepatan suara umumnya maupun aktivitas vulkanik," ujar Setyoajie kepada IDN Times, Senin (10/5).

 

1. Di saat bersamaan juga ada sambaran petir

Warga Kaget Suara Dentuman, Dipastikan Berasal dari Pesawat Jet medium.com

Ia mengaku bila ditelisik dari analisis meteorologis, terangnya, sebagian besar ada awan hujan yang lebih terkonsentrasi di utara dan pesisir selatan Jawa. Pihaknya juga menerangkan bahwa kondisi tersebut konsisten dengan distribusi sambaran petir pada tanggal 10 hingga 11 Mei 2020 pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB.

Menurutnya sambaran petir hanya ada di wilayah Utara, Barat Laut, Barat, Barat Daya, Selatan dan Tenggara Jateng.

"Sehingga kecil kemungkinan suara dentuman tersebut dipicu oleh aktivitas sambaran petir, dikarenakan tidak adanya aktivitas sambaran petir di lokasi terdampak pada rentang waktu itu," jelas Setyoajie.

Baca Juga: Rekap Positif COVID-19 di DIY, Klaster Indogrosir Menjadi 13 Kasus

2. Dentuman tidak ada kaitannya dengan gempa

Warga Kaget Suara Dentuman, Dipastikan Berasal dari Pesawat Jet Dok. IDN Times

Ia juga menekankan bahwa fenomena suara dentuman yang terdengar oleh beberapa warga, tidak ada kaitannya dengan aktivitas seismik alias gempa tektonik sesar lokal dari kawasan Baribis Kendeng maupun zona subduksi selatan Jawa.

"Lebih baik bisa dikonfirmasikan ke Airnav Semarang karena di sana yang bisa langsung memonitor pergerakan pesawat terbang yang melintas di Jawa Tengah dan sekitarnya. Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

3. Airnav: Kita belum melacaknya

Warga Kaget Suara Dentuman, Dipastikan Berasal dari Pesawat Jet Dok. IDN Times

Terpisah, Manajer Operasional Airnav Semarang, Kelik Wijanarko, menyebut proses monitoring aktivitas pesawat selama masa pandemik virus corona (COVID-19) masih terbatas.

"Hasil pemantauan kita masih terbatas jadi belum bisa melacaknya," tandasnya.

Sebelumnya sejumlah warga yang tinggal di Jawa Tengah dihebohkan suara dentuman yang terjadi pada Senin (11/5) dini hari.

Mereka mengungkap kabar tersebut melalui media sosial, Twitter. Bahkan suara keras tersebut menjadi trending topic dengan 9.292 twit.

Baca Juga: Empat Maskapai Kembali Buka Penerbangan lewat Bandara YIA

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya