Ledakan Gudang Brimob Warga Lari Tunggang Langgang 

Suara ledakan terdengar sangat keras

Semarang, IDN Times-Sejumlah kaca jendela warga yang rumahnya terletak di sekitar gudang bahan peledak milik Satbrimob Polda Jateng di Srondol, pecah akibat terkena serpihan meterial ledakan.

Dikutip dari berita Antara, Wardoyo, (60), seorang warga setempat mengaku kaca rumahnya pecah terkena efek ledakan dari gudang bahan peledak Satbrimob.

"Ledakannya beruntun," ujarnya Sabtu (14/9).

Semula, katanya ia mengira ledakan yang berasal dari proses latihan anggota Brimob. Sebab efek ledakannya sampai membuat tembok rumahnya bergetar. 

"Temboknya bergetar keras," paparnya.

Yudi Rahayu, (54), warga lainnya mengatakan, bangunan yang meledak tersebut berada di sekitar pagar yang berdekatan dengan permukiman warga.

Ledakan keras tersebut menyebabkan kepanikan warga. Sejumlah warga langsung lari tunggang langgang meninggalkan rumahnya saat peristiwa terjadi.

1. Warga di sekitar Mako Brimob tidak ada yang terluka

Ledakan Gudang Brimob Warga Lari Tunggang Langgang IDN Times/Istimewa

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triadmaja mengklaim sejauh ini tidak ada korban dari warga. Namun beberapa kaca rumah warga pecah terkena serpihan material bahan peledak. 

Sejumlah personel polisi mendatangi rumah warga yang terdampak ledakan tersebut. Petugas mendata warga yang rumahnya rusak akibat ledakan.

 

Baca Juga: 6 Foto Mako Brimob Semarang Pasca Terjadinya Ledakan 

2. Satu anggota Brimob terluka

Ledakan Gudang Brimob Warga Lari Tunggang Langgang IDN Times/Dhana Kencana

Agus Triadmaja mengatakan gudang yang terbakar menyimpan bahan peledak dan bom militer temuan masyarakat.

"Ledakan terjadi beberapa kali dan berhenti sekitar pukul 08.00 sejak ledakan awal telah dilakukan evakuasi terhadap warga di sekitar Mako Satbrimob Polda Jateng," kata Agus.

Agus mengungkapkan satu anggota Brimob luka ringan di bagian tangan dan kepala. Posisinya saat ini sudah dibawa di RS Banyumanik dan diperbolehkan pulang.

Lokasi gudang penyimpanan bahan peledak dan bom militer berada terpisah dari gudang senjata api dan terpisah dari asrama Satbrimob.
 
"Handak dan bom militer ini juga secara berkala sedang dilakukan disposal bekerjasama dengan Korbrimob Polri di Jakarta," katanya.

3. Gudang yang terbakar berisi 30an granat berukuran kecil

Ledakan Gudang Brimob Warga Lari Tunggang Langgang IDN Times/Dhana Kencana

Sementara itu Kapolda Jawa Tengah menyatakan, kebakaran yang terjadi di Mako Brimob Srondol, Semarang adalah gudang tempat penyimpanan bahan peledak temuan dan bom-bom militer temuan masyarakat. Gudang yang meledak berukuran 6x6 meter persegi. 

"Di gudang terdapat sekitar 30an granat-granat kecil yang disimpan di gudang. Dan sedang dilakukan pemusnahan," kata Kapolda Jateng, Irjen Rycko Amelza Dahniel. .

Baca Juga: Ledakan Gudang Brimob buat Warga Lari Tunggang Langgang 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya