Comscore Tracker

KawalPemilu.org: Sempat Unggul, Perolehan Suara Prabowo Disusul Jokowi

Perbedaan suara tipis

Jakarta, IDN Times - Situs kawalpemilu.org sebagai pengawas pemilu independen, hingga Sabtu (20/4) pukul 17.10 WIB menampilkan hasil tabulasi dari data yang telah mereka terima.

Sebanyak 12.686.692 suara sah dan 219.934 suara tidak sah telah diterima situs tersebut per sore ini. Dari angka tersebut, diketahui pasangan capres-cawapres 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin berhasil menyusul perolehan suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

1. Sementara ini, Jokowi unggul 111 ribu suara

KawalPemilu.org: Sempat Unggul, Perolehan Suara Prabowo Disusul JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dari total suara di atas yang berhasil dikumpulkan oleh situs Kawal Pemilu, tercatat Jokowi mengantongi kemenangan sementara dengan perolehan suara sebanyak 6.399.034. Sementara Prabowo sedikit tertinggal di angka sebanyak 6.288.110 suara.

Data di atas diperoleh dari sebagian formulir C1 yang telah diterima situs Kawal Pemilu, yakni 81.927 tempat pemungutan suara (TPS). Ini belum merupakan data final dan masih akan terus diproses.

2. Sebelumnya, Prabowo sempat unggul dari Jokowi

KawalPemilu.org: Sempat Unggul, Perolehan Suara Prabowo Disusul JokowiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dari hasil pantauan IDN Times pukul 13.44 siang tadi, Prabowo diketahui sempat unggul 29 ribu suara dengan perolehan dengan perolehan sebanyak 5.929.953 suara. Sementara capres nomor urut 01 Jokowi sedikit tertinggal di angka sebanyak 5.900.680 suara. Hasil tersebut diperoleh dari tabulasi 77.116 TPS.

Baca Juga: Disangka Rilis Quick Count Menangkan 01, Perludem Dilaporkan ke Polisi

2. Prabowo kebanyakan unggul di Provinsi Sumatera

KawalPemilu.org: Sempat Unggul, Perolehan Suara Prabowo Disusul JokowiDok.IDN Times/Chalimatus Sa'diyah

Dari situs tersebut, tercatat angka kemenangan telak yang diperoleh pasangan Prabowo-Sandiaga berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, dan Riau. Pasangan ini juga terlihat unggul di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Banten meski dengan perbedaan angka tak terpaut banyak.

Sementara capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di wilayah-wilayah, seperti DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Utara.

3. Situs Kawal Pemilu terakreditasi Bawaslu

KawalPemilu.org: Sempat Unggul, Perolehan Suara Prabowo Disusul JokowiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kawal Pemilu merupakan proyek urun daya (crowdsourcing) antara warganet pro data Indonesia yang didirikan tahun 2014 untuk menjaga suara rakyat di Pemilihan Umum. Kawal Pemilu resmi terakreditasi oleh Bawaslu RI dan tidak terafiliasi dengan pihak mana pun.

Baca Juga: Tak Ingin Buat Pendukungnya Menunggu, TKN Deklarasi Kemenangan Jokowi

Topic:

  • Paulus Risang
  • Yogie Fadila

Just For You