Comscore Tracker

Selama Masa PPKM Darurat, Hasil Tes Genose Tidak Berlaku 

Jangan lupa tunjukkan kartu vaksin 

Jakarta, IDN Times - Alat Genose tak lagi diperlukan sebagai syarat testing pelaku perjalanan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito menyebutkan dalam masa PPKM Darurat penumpang yang menggunakan moda transportasi udara, wajib melakukan tes PCR maksimal 2x24 jam sebelum keberangkat dan wajib mengisi e-HAC.

Kemudian untuk tranportasi laut, penyeberangan, kendaraan pribadi dan umum, kereta api antarkota wajib tes PCR 2x24 jam atau Antigen 1x24 jam atau on site sebelum keberangkatan.

"Untuk transportasi laut dan penyeberangan laut ditambahkan mengisi e-HAC," ujar Ganip dalam konferensi pers melalui daring Jumat (2/7/2021) malam.

 

 

 

1. Jangan lupa wajib tunjukan kartu vaksin dosis pertama

Selama Masa PPKM Darurat, Hasil Tes Genose Tidak Berlaku Petugas bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada tenaga kesehatan saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Ganip menyebutkan beberapa ketentuan syarat vaksinasi untuk perjalanan. Pertama, pelaku perjalanan wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama, ditambah surat keterangan negatif RT-PCR, atau rapid test antigen.

Kedua, penumpang dengan kepentingan khusus yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis berdasarkan keterangan dari dokter spesialis, dapat melakukan perjalanan dengan menunjukkan surat negatif RT-PCR/rapid test antigen.

"Ketiga, syarat testing atau vaksinasi untuk transportasi perintis wilayah perbatasan, daerah 3T, dan pelayaran terbatas menyesuaikan kondisi daerah masing-masing," kata Ganip.

Baca Juga: Vaksin Impor Terdaftar di WHO, Erick: Vaksin Kita Bukan Kaleng-Kaleng

2. Perjalanan satu wilayah tidak wajib tunjukan kartu vaksin

Selama Masa PPKM Darurat, Hasil Tes Genose Tidak Berlaku Foto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Ganip memaparkan, untuk kendaraan pribadi ataupun umum dalam satu wilayah aglomerasi, tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin, RT-PCR, atau Antigen.

"Pelaku perjalanan anak-anak usia di atas 18 tahun ke atas, wajib menunjukan kartu vaksin pertama dan RT-PCR 2 kali 24 jam atau rapid tes antigen satu jam sebelum keberangkatan," kata Ganip.

3. Penumpang dengan alasan medis bisa jalan meski belum divaksin

Selama Masa PPKM Darurat, Hasil Tes Genose Tidak Berlaku Vaksinasi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/5/2021). (IDN Times/Herka Yanis).

Namun penumpang dengan kepentingan khusus yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis bisa tetap melakukan perjalanan.

"Penumpang dengan kepentingan khusus yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis berdasarkan keterangan dari dokter spesialis dapat melakukan perjalanan dengan menunjukkan surat negatif RT-PCR atau tes antigen," kata Ganip.

Baca Juga: Jakarta 'Badai' COVID-19, BOR Rumah Sakit Sudah Lebih dari 90 Persen

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya