16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugis

Bendera - Bandeira

Pernah menjajah Indonesia pada abad ke-16 membuat Portugis meninggalkan jejak bahasa di tanah air. Beberapa kata dalam bahasa tersebut diserap dalam bahasa Indonesia dan masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Memiliki penulisan dan pelafalan kata yang mirip, beberapa kosakata bahkan amat lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia saat ini. Berikut ini ada 16 kata bahasa Indonesia yang mirip dengan bahasa Portugis.

1. Belanda - Holanda

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispixabay/misign

Mendapat julukan negeri kincir angin, Belanda juga menjadi salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia. Jika dalam bahasa Indonesia penulisan nama negara tersebut menggunakan huruf 'B' dan 'E' maka dalam bahasa Portugis memakai huruf 'H' dan 'O'.

2. Bola - Bola

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispexels/rawpixel

Banyak cabang olahraga menggunakan bola sebagai alat dalam permainan. Sepak bola dan basket adalah dua di antaranya. Nah, benda tersebut ternyata diserap dari bahasa Portugis, lho. Tak hanya penulisannya yang sama, pelafalannya pun juga sama.

3. Bendera - Bandeira

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispixabay/arhnue

Salah satu simbol sebuah negara adalah bendera. Semua negara pasti memiliki atribut tersebut dengan warna-warna tertentu. Kata bendera sendiri asalnya dari bahasa Portugis yakni bandeira. Sekilas terlihat mirip, kan?

4. Beranda - Varanda

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispixabay/glynn424

Ketika senja mulai menyapa banyak di antara kita menghabiskan waktu dengan duduk santai di teras rumah. Salah satu bagian terbuka di rumah ini disebut pula dengan beranda.

Tak banyak yang tahu bila beranda diserap dari bahasa Portugis. Yang membedakan, kata beranda dalam bahasa tersebut diawali dengan kata 'Va'.

5. Dansa - Dança

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugisimdb.com

Bila mencari kata dansa dalam KBBI, kamu akan menemukan bila tarian ini diartikan sebagai tari ala Barat yang dilakukan oleh pria dan wanita secara berpasangan. Penulisan kata dansa dalam bahasa Portugis hampir sama dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. Hanya saja huruf 'S' digantikan dengan huruf 'ç'.

6. Gratis - Grátis

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispixabay/igorovsyannykov

Siapa yang tak suka diberi sesuatu secara gratis? Entah tiket menonton film bioskop atau makan satu porsi menu restoran pasti tak akan dilewatkan begitu saja. Kata yang memiliki arti cuma-cuma ini diserap pula dari bahasa Portugis. Sangat mirip, bukan?

7. Kemeja - Camisa

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugisrawpixel/HwangMangjoo

Sebagai salah satu jenis pakaian, kemeja sering dipakai dalam acara-acara resmi. Perlu diketahui, kemeja juga berasal dari bahasa Portugis yakni camisa. Cara penulisannya sangat berbeda dari kemeja namun bila diucapkan akan terdengar mirip.

8. Mangga - Manga

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispixabay/Josch13

Salah satu buah yang sering dijadikan manisan, Mangga ternyata merupakan kata dari bahasa Portugis. Dalam bahasa Portugis, buah tersebut ternyata kehilangan satu huruf 'G' sehingga menjadi Manga. Seperti nama komik khas Jepang ya?

Baca Juga: 10 Kata Malaysia Ini Mirip dengan Bahasa Indonesia Tapi Beda Arti

9. Misteri - Mistério

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugisimdb.com

Beberapa waktu lalu linimasa sosial media dipenuhi dengan cerita KKN disebuah desa yang membawa maut. Sampai saat ini cerita tersebut menjadi misteri. 

dm-player

Kata 'misteri' juga jadi salah satu kosataka yang diambil dari bahasa Portugis. Terdapat imbuhan 'O' dalam kata misteri pada bahasa Portugis.

10. Musik - Musica

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispexels/lanius

Dalam beberapa kesempatan, musik adalah cara ampuh menuangkan isi hati. Baik dalam kondisi senang atau sedih musik dapat jadi obat mengatasi rasa gundah. 

Musik juga kata yang menyerap dari bahasa Portugis. Perbedaan di antara dua kata tersebut tampak pada bagian akhir. Huruf 'K' diganti dengan kata 'Ca'. Seperti nama label musik, ya?

11. Nanas - Ananás

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugisspongebob.fandom.com

Siapa yang tak kenal Spongebob? Tokoh animasi bercelana kotak tersebut dikenal punya rumah berbentuk nanas. Salah satu buah berduri ini juga merupakan kata serapan bahasa Portugis.

Di awal kata, huruf 'A' ditambahkan dalam penulisan buah tersebut dalam bahasa Portugis. Terdengar lucu dan unik ketika diucapkan.

12. Palsu - Falso

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugisrawpixel/Ake

Apa pun yang palsu pastinya tidak bertahan lama. Dari barang palsu sampai janji palsu tidak punya umur panjang karena semua orang ingin yang asli dan pasti. 

Kata 'palsu' adalah kosakata lain yang asalnya dari bahasa Portugis, yakni 'falso'. Bila diucapkan, kedua kata tersebut akan terdengar mirip. Bila kamu teliti, 'falso' mirip dengan istilah dalam musik untuk suara sumbang. 

13. Pesta - Festa

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispexels/marcin-dampc

Perayaan tak lengkap rasanya bila tidak dirayakan dalam sebuah pesta. Semua orang pasti larut dalam kesenangan dalam pesta yang meriah.

Sama seperti kosakata lain, pesta juga diserap dari bahasa Portugis. Terjadi perubahan penulisan dalam bahasa Portugis dengan mengganti huruf 'P' menjadi 'F'.

14. Sabun - Sabão

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispixabay/silviarita

Selain makan dan minum, mandi adalah salah satu aktivitas rutin yang tak boleh diabaikan. Mandi akan membuat badan jadi bersih dan terhindar dari kuman serta penyakit. Untuk itu, penggunaan sabun diperlukan ketika membersihkan tubuh.

Benda dengan beragam warna dan aroma ini juga merupakan kata yang asalnya dari bahasa Portugis. Kata 'bun' berubah menjadi 'bão' bila ditulis dalam bahasa Portugis.

15. Senat - Senado

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugistheatlantic.com

Di Amerika Serikat dan Prancis dewan perwakilan rakyat yang tertinggi dalam sebuah pemerintahan disebut sebagai senat. Kata senat yang sudah terdaftar di KBBI berasal dari bahasa Portugis.

Jika dalam bahasa Indonesia diakhiri dengan huruf 't', maka pada bahasa Portugis diganti dengan kata 'do'.

16. Tomat - Tomate

16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugispixabay/diapicard

Sampai saat ini masih jadi perdebatan apakah tomat termasuk buah atau sayur. Namun, tak bisa dipungkiri jika tomat adalah bahan baku untuk sejumlah masakan.

Tomat juga merupakan salah satu benda yang berasal dari bahasa Portugis. Bedanya, penulisan benda dengan ciri khas warna merah ini diakhiri dengan huruf 'e' dalam bahasa Portugis.

Khazanah bahasa Indonesia begitu kaya dengan serapan kata dari bahasa asing. Banyaknya kosakata yang kini sudah resmi tercatat dalam KBBI membuktikan bahwa bahasa akan terus berkembang di kemudian hari. Cintailah bahasa Indonesia ya!

Baca Juga: 7 Rutinitas Ini Buat Kamu Pintar Berbahasa Asing! Yuk, Lakukan!

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya