Ini Deretan Wilayah Tertinggi Petugas KPPS Meninggal dan Sakit

Di Jakarta ada tiga petugas KPPS meninggal

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencatat rentetan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sakit dan meninggal dunia. Berdasarkan data KPU per Selasa (23/4) malam, korban meninggal dunia tertinggi di Jawa Barat.

 

Baca Juga: Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Bertambah Jadi 119 Orang

1. KPU RI mencatat petugas KPPS sakit 548 orang

Ini Deretan Wilayah Tertinggi Petugas KPPS Meninggal dan SakitIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

KPU RI mencatat 548 petugas KPPS sakit, karena bertugas saat Pemilu 2019. Jumlah tersebut tersebar di 26 provinsi.

Sedangkan provinsi paling banyak ditemukan petugas KPPS sakit, berada di Sulawesi Selatan yakni 191 jiwa. Provinsi kedua terbanyak petugas KPPS sakit adalah Jawa Tengah dengan 95 jiwa. Selanjutnya, Provinsi Sulawesi Tengah tercatat 83 petugas.

Kendati, ada pula provinsi yang tidak ditemukan petugas KPPS sakit. KPU mencatat, provinsi yang tidak ada petugas sakit tersebar di enam provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku, Sulawesi Barat, dan Papua.

2. Sebanyak 119 petugas KPPS meninggal dunia di 20 provinsi

Ini Deretan Wilayah Tertinggi Petugas KPPS Meninggal dan SakitIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara, jumlah petugas KPPS meninggal dunia 119 jiwa. Korban meninggal  tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Barat yakni 38 orang. Provinsi kedua dengan petugas KPPS meninggal dunia terbanyak ada di Jawa Tengah, yakni 20 jiwa.

Ketiga, Jawa Timur dengan jumlah 14 jiwa. Provinsi Riau dan Kalimantan Barat masing-masing lima orang. Bahkan, di Ibu Kota DKI Jakarta juga terdapat tiga petugas KPPS meninggal dunia.

Kendati, ada juga provinsi yang tidak terdapat korban meninggal yaitu Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Bali, Aceh, dan Kalimantan Utara.

Data ini masih dapat berubah sewaktu-waktu, mengingat rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 masih berlangsung hingga 22 Mei mendatang.

3. Petugas KPPS berasal dari berbagai profesi

Ini Deretan Wilayah Tertinggi Petugas KPPS Meninggal dan SakitIDN Times/Istimewa

Beragam latar profesi dan cerita memilukan dari petugas KPPS yang meninggal dunia. Seperti petugas KPPS TPS 01 Desa Wirun, Jawa Tengah, Yuli Anisah, yang meninggal pada Jumat (19/4). Perempuan 44 tahun itu meninggal dunia akibat kelelahan.

"Proses rekapitulasi selesai pada Kamis (18/4) dini hari. Saat itu wajahnya sudah pucat, lalu tubuhnya kejang-kejang. Dia memang sempat mengatakan beberapa hari kurang tidur," kata Ketua PPS Desa Wirun, Sutopo, Kamis (18/4).

Yuli adalah guru sekolah anak usia dini (PAUD) di Desa Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kisah memilukan lainnya dialami tiga petugas KPPS di Klaten, Jawa Tengah. Mereka mengalami keguguran saat bertugas di PPK Jatinom. Nasib yang sama juga dialami dua petugas KPPS Kebumen, Jawa Tengah.

Ada pula petugas KPPS yang sakit dari tim Perlindungan Masyarakat (Linmas).

KPU sejauh ini telah memberikan santunan bagi para korban meninggal dunia dan pengobatan gratis bagi yang sakit.

Baca Juga: Banyak Petugas KPPS Meninggal Dunia, Perlu Dilakukan Evaluasi Pemilu 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya