Comscore Tracker

Dituding Mengandung Simbol Iluminati, Ini Penampakan Masjid Al-Safar

Ridwan Kamil selaku arsitek masjid geram dengan anggapan itu

Bandung, IDN Times - Masjid Al-Safar yang diarsiteki langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuai kontroversi. Ini karena masjid yang berada di Tol Cipularang arah Jakarta Kilometer (KM) 88 itu dianggap memiliki simbol-simbol iluminati.

Unggahan tentang penafsiran Ustaz Rahmat Baequni terkait desain masjid tersebut pun ramai di media sosial. Dia menjelaskan, awalnya Baequni beserta keluarga tengah di perjalanan berangkat ke Jakarta dan menepi sebentar di Km 88 untuk melaksanakan salat.

Setelah melihat desain yang dianggap simbol-simbol ilumianti, Baequni pun lantas tidak jadi melaksanakan ibadah. Dia pun mengatakan kepada jamaah yang ikut dalam kajian ini bahwa saat melaksanakan salat di masjid ini maka bukan menghadap Allah malah menghadap segitiga satu mata.

1. Perdebatan muncul di kolom komentar video tersebut

Dituding Mengandung Simbol Iluminati, Ini Penampakan Masjid Al-SafarIstimewa

Atas video penafsiaran yang diunggah di media sosial ini, netizen pun ramai mengomentari baik mendukung maupun menganggap apa yang dilakukan Baequni tidak tepat dalam menerjemahkan desain bangunan Masjid Al-Safar.

"Astaghfirullahal adzim ini mesjid apa museum kok banyak segitiga iluminatinya??? Inilah contoh2 orang pendukung iluminati (sebuah kelompok yang mengajarkan banyak sekali kesesatan (atheis))," ungkap akun dengan nama Fathih.

Sedangkan akun Sebri Riyanto justru menilai desain bangunan tidak menjadi soal dan mengembalikan semua ibadah dari niat awal. "Kembali lg ke niatan kita ... untuk siapa kita bersujud dan kepada siapaa kita menyembah," ujarnya dalam kolom komentar.

Baca Juga: Masjid Al-Safar Disebut Ada Simbol Iluminati, Ridwan Kamil: Itu Keliru

2. Ridwan Kamil klaim mendesain masjid adalah salah satu minat terkuat

Dituding Mengandung Simbol Iluminati, Ini Penampakan Masjid Al-SafarIDN Times/Humas Jabar

Sementara itu, dalam akun instagram pribadi, Ridwan Kamil menyebut bahwa desain yang selama ini dia buat untuk bangunan apapun termasuk masjid adalah anugerah dari Allah SWT sebagai bentuk imajinasi yang kemudian digunakan untuk kebermanfaatan hidup. Manfaat dari ilmu ini bisa diimplementasikan dalam desain bangunan atau mengimajinasikan berbagai skenario sebagai pemimpin masyarakat.

"Mendesain Masjid adalah salah satu minat terkuat atau passion saya. Karena bukan ustadz, minimal saya berdakwah dengan menghadirkan infrastruktur dakwah yaitu ragam masjid di seluruh dunia yang sempit dan sementara ini.

Saya ingin menyumbangkan kemajuan seni dan arsitektur Islam. Estetika Islam sangat kuat di geometri. Maka dari itu setiap desain masjid selalu berusaha baru dan geometri berbeda.

Hasilnya beragam dari 1/2 kubah, multi kubah, kotak, silinder, tradisional sampai dengan bentuk-bentuk poligon seperti segitiga. Berbeda-beda karena desain yg baik harus merespon geografi, lokasi, iklim, ukuran, budaya dIl.

Masjid AI Safar adalah hasil riset teori Folding Architecture alias lipatan. Seperti origami, hasilnya adalah lekukan dan ruang berbentuk segitiga.

Jika hasilnya ditafsir macam-macam, itu dipersilakan. Seperti Monas yang ditafsir macam2. Saya tidak perlu marah terhadap tafsir, yang penting saya jelaskan bahwa jika Masjid AI Safar dikatakan sebagai implementasi dari simbol2 iluminati itu adalah kesimpulan KELIRU. Karena itu tidak benar dan tidak dimaksudkan. Dan tentunya selalu saya ikhlaskan dan maafkan, kesimpulanZ tanpa tabayun seperti ini yang kemudian diviralkan untuk merusak nama baik dan keimanan saya

lsu ini pernah dihebohkan oleh pihak yang sama di zaman pilgub 2018 untuk menjelekkan saya saat kampanye. Saya sudah maafkan, move on dan saya hanya berdoa. Alhamdulillah, Allah SWT ternyata |ebih mengabulkan doa saya, bukan doa dan harapan mereka.

Saya mah tidak akan berhenti berkarya dan membawa kemajuan karena saya yakini itulah tugas Allah SWT kepada saya di dunia ini. Kebahagiaan saya adalah melihat masjid-masjid yg saya desain makmur dan ramai. AlhamduliIIah. . Selama saya yakini, saya tidak meianggar syariat Allah SWT dan tidak melakukan apa yang difltnahkan, omongan dan caci maki manusia mah tidak akan menggetarkan iman dan keyakinan saya. .

faidza azzamta fatawakkal Alallah. Hatur Nuhun," ungkap Emil dalam unggahan media sosial.

3. Ini beberapa foto dari Masjid Al-Safar

Dituding Mengandung Simbol Iluminati, Ini Penampakan Masjid Al-SafarIstimewa
Dituding Mengandung Simbol Iluminati, Ini Penampakan Masjid Al-SafarIstimewa
Dituding Mengandung Simbol Iluminati, Ini Penampakan Masjid Al-SafarIstimewa
Dituding Mengandung Simbol Iluminati, Ini Penampakan Masjid Al-SafarIstimewa

Menurut kamu, segitiga yang ada di Masjid Al Safar itu iluminati atau bukan nih?

Baca Juga: Ridwan Kamil-Ustadz Baequni Duduk Satu Kursi Bahas Simbol Iluminati

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You