Libur Sekolah dan Suro Dongkrak Jumlah Wisatawan ke Bantul

Libur sekolah kunjungan wisatawan masih tinggi di Bantul

Bantul, IDN Times - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyebut kunjungan wisatawan selama satu pekan mulai tanggal 1-7 Juli 2024 mencapai 83.532 orang. Jumlah ini mampu memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bantul mencapai Rp1,9 miliar.

1. Libur 1 Muharram Bantul dikunjungi 19.236 wisatawan

Libur Sekolah dan Suro Dongkrak Jumlah Wisatawan ke BantulIlustrasi ritual tradisional yang digelar masyarakat saat malam 1 Muharram.(Dok.Dispar Bantul)

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinpar Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi merinci jumlah kunjungan wisatawan pada akhir pekan tanggal 5-7 Juli 2024, mencapai 50.824 dengan pemasukan PAD mencapai Rp736 juta.

"Sementara kunjungan wisatawan saat libur 1 Muharram Sabtu (6/7/2024) mencapai 19.236 wisatawan," katanya, Senin (8/72024).

2. Kunjungan wisatawan masih tinggi hingga libur sekolah berakhir

Libur Sekolah dan Suro Dongkrak Jumlah Wisatawan ke Bantulilustrasi anak berangkat sekolah (pexels.com/Ron Lach)

Menurutnya, kunjungan wisatawan di Bantul tetap tinggi pada pertengahan bulan Juli 2024, atau saat libur sekolah berakhir hingga Minggu (14/7/2024). 

"Pada tanggal 8-15 Juli 2024, kita memperkirakan kunjungan wisatawan dikisaran 50 ribu hingga 80 ribu wisatawan yang didominasi rombongan study tour pelajar," tuturnya.

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Bantul Selatan, Main Kano hingga Jet Ski

3. Labuhan Pantai Goa Cemara dan Kirab Maheso Suro dongkrak kunjungan

Libur Sekolah dan Suro Dongkrak Jumlah Wisatawan ke BantulTradisi Labuhan Pantai Goa Cemara.(Dok.Dispar Bantul)

Lebih lanjut pria yang disapa akrap Ipung ini mengaku, kunjungan saat libur 1 Muharram cukup tinggi. Gelaran wisata di Pantai Goa Cemara dan Pantai Samas menambah jumlah kunjungan wisatawan.

"Pada Minggu (7/7/2024), masyarakat di Pantai Goa Cemara menggelar tradisi labuhan dan pada malam harinya di Pantai Samas menggelar tradisi Kirab Maheso Suro. Dua kegiatan itu juga menarik wisatawan untuk datang," tuturnya.

 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Traveling Low Budget di Jogja, Liburan Hemat

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya