Comscore Tracker

Laporan Dicabut, Ferdian Paleka Bebas Kasus Dihentikan 

Ferdian berada di penjara selama 28 hari

Bandung, IDN Times - Youtuber Ferdian Paleka dan dua temannya yaitu M. Aidil dan Tubagus Fahddinar, hari ini Kamis (4/6) resmi dibebaskan dari ruang tahanan Polrestabes Bandung. 

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragir menyatakan pembebasan dilakukan setelah pelapor mencabut berkas aduan.

"Dasarnya yang pasti adalah pencabutan aduan dan laporan dari korban pada kami yang kita terima satu Minggu yang lalu" ujar Galih pada awak media di Polrestabes Bandung, Kamis (4/6).

 

1. Kasus tidak akan ke ranah pengadilan

Laporan Dicabut, Ferdian Paleka Bebas Kasus Dihentikan Istimewa

Kepada awak media, Galih menyatakan pencabutan yang akhirnya berujung pada pembebasan dapat dilakukan lantaran selama ini delik kasus masih sebatas aduan.

"Seperti yang kita ketahui bersama untuk kasus ITE ini pasal 45 ayat 3 di sini yang kita persangkakan adalah masuk ke dalam delik aduan, jadi itu menjadi dasar kita," ungkapnya.

Ia menambahkan, kasus tersebut juga secara otomatis tidak diperpanjang ke ranah pengadilan. Ferdian Paleka Cs resmi bebas dari Polrestabes Bandung tanpa ada lanjutan kasus.

"Iya, jadi dengan dicabutnya itu, pasti kita hentikan kasusnya," kata Galih.

Baca Juga: Kronologi Tertangkapnya YouTuber Ferdian Paleka di Merak Banten

2. Sebelumnya Ferdian dan temannya diancam hukuman 12 tahun penjara

Laporan Dicabut, Ferdian Paleka Bebas Kasus Dihentikan Istimewa

Sebelumnya Polisi menyatakan tiga tersangka akan dikenakan pasal berlapis. Pertama Pasal 45 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 2016 perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Mereka juga dikenai Pasal 36 Undang-Undang RI Nomor 11 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Dalam pasal tersebut juga mengatakan bahwa keduanya telah merugikan orang lain dan dapat dikenakan pidana penjara paling lama 12 tahun dan/atau denda paling banyak Rp12 miliar. 

3. Ferdian mengakui perbuatannya disengaja

Laporan Dicabut, Ferdian Paleka Bebas Kasus Dihentikan (YouTuber Ferdian Paleka ditangkap polisi) ANTARA FOTO/Ahmad Fauzan

Ferdian dan dua temannya ditangkap gara-gara membuat konten prank sampah yang ditujukan kepada transpuan. Mereka mengakui perbuatannya dilakukan secara sengaja. Ketiganya menyebut tindakan tersebut dilakukan karena tidak menyukai transpuan.

"Karena menurut saya, di bulan ramadhan ini waria (Transpuan) gak boleh, jadi saya melakukannya kaya gitu biar gak ada waria pas bulan suci," ujar Ferdian.

4. Kabur ke Palembang, tertangkap di Merak, Banten

Laporan Dicabut, Ferdian Paleka Bebas Kasus Dihentikan wartakota

Penangkapan Ferdian pun seperti layaknya drama, saat diamankan di rumahnya ia tidak berada di tempat. Justru Ferdian menuliskan akan menyerahkan diri jika mendapatkan tambahan 3 ribu followers.

Dalam pelariannya Ferdian Paleka sempat bersembunyi di salah satu rumah temannya di Palembang selama tiga hari. Tempat persembunyiannya itu akhirnya terendus polisi.

Polisi membuntuti mobil orang tua Ferdian, dan akhirnya berhasil menangkapnya di Merak, Banten. 

 

Baca Juga: Tangkap Ferdian Paleka, Gariz Luiz Bikin Salfok Netizen 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya