Viral, Perempuan Ini Bawa Anjing ke Masjid dan Tonjok Petugas

SM mengklaim suaminya akan menikah di masjid itu

Jakarta, IDN Times - Seorang perempuan berinisial SM (52) sempat menggegerkan dunia maya. Perempuan itu masuk ke dalam Masjid Al Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (30/6) kemarin, sekitar pukul 14.00 WIB.

Hal yang menggegerkan adalah SM masuk ke dalam masjid sambil membawa seekor anjing. Kejadian ini pun memicu pertengkaran antara SM dan jemaah Masjid Al Munawaroh.

Baca Juga: Jauh-jauh dari Bogor, Ibu Ning Rela Cuti Demi Kawal Hasil Putusan MK

1. SM mengklaim suaminya akan menikah di Masjid itu

Viral, Perempuan Ini Bawa Anjing ke Masjid dan Tonjok PetugasIDN Times/Istimewa

Pada potongan video yang beredar, ketika memasuki ruang utama masjid, perempuan yang mengenakan baju putih itu nampak emosional dan berteriak sembari membawa seekor anjing berwarna hitam.

"Suami gue mau dikawinin di sini," teriak SM yang belum sempat melepaskan alas kakinya saat berada di dalam masjid, seperti dikutip dari Antara, Senin (1/7).

Pertengkaran pun terjadi antara SM dan salah satu jemaah ketika SM menurunkan anjingnya ke karpet masjid. SM juga berupaya merekam beberapa jemaah yang mencoba mengusirnya.

2. SM diamankan oleh Polres Bogor

Viral, Perempuan Ini Bawa Anjing ke Masjid dan Tonjok PetugasIDN Times/Fitria Madia

Buntut dari kejadian tersebut, SM diamankan oleh Kepolisian Polres Bogor. Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika mengatakan, pihaknya saat ini tengah memeriksa kondisi kejiwaan perempuan tersebut.

"Pemeriksaan masih kita lakukan. Namun ada kendala, karena yang bersangkutan meluap-luap emosinya dan histeris. Selain itu, keterangannya berubah-ubah. Tengah malam tadi yang bersangkutan dibawa oleh penyidik bersama Polwan unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) ke Rumah Sakit Kramat Jati, untuk diperiksa ahli kejiwaan," ujar Dicky dalam keterangan yang diterima IDN Times di Jakarta, Senin.

Dicky menjelaskan, pihaknya menyesalkan ada narasi yang disebar warganet, yang menyebutkan bahwa polisi tidak mengamankan SM. Untuk itu, kata Dicky, polisi mengimbau semua pihak agar tidak terpancing dengan informasi yang tidak tepat dan beredar di media sosial.

"Sudah kita tegaskan, perempuan dalam video itu kita amankan ke Polres Bogor. Sementara itu, DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) dan jemaah kita periksa sebagai saksi apa yang dilakukan perempuan tersebut ketika berada di masjid, saksi kita periksa di Polsek Babakan Madang," jelas Dicky.

"Kami mengimbau masyarakat untuk bertabayun dan percaya kepada media-media resmi, serta tidak mudah terprovokasi apalagi membuat narasi-narasi yang tidak benar lalu disebar di medsos. Hal ini yang dapat mengganggu kerukunan dan persatuan masyarakat," sambungnya.

3. DKM Al Munawaroh bantah menikahkan suami SM

Viral, Perempuan Ini Bawa Anjing ke Masjid dan Tonjok PetugasIDN Times/Ashari Arief

Sementara itu, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Munawaroh, Raudl Bahar, membantah telah menikahkan suami SM.

"Tidak ada kegiatan pernikahan di sini, itu bohong. Oleh karena itu kita harus hati-hati. Mungkin ada pihak-pihak yang akan mengadu domba kita dengan orang lain," ujarnya saat disambangi awak media di Masjid Al Munawaroh, Minggu malam.

Menurut Bahar, perempuan itu datang ke masjid sekitar pukul 14.00 WIB dengan berteriak dan menyebutkan bahwa suaminya telah dinikahkan di masjid tersebut.

SM, kata Bahar, juga sempat marah lantaran anjing yang diusir oleh jemaah dari dalam masjid hilang dari pandangan, dan mengancam tidak mau pulang sebelum anjing miliknya ditemukan.

"Beberapa orang berusaha untuk menenangkan tetapi dia malah lebih galak ketimbang orang yang berusaha menenangkan. Bahkan keamanan di sini ditonjok bibirnya pecah dan giginya juga sedikit terganggu," kata Bahar.

Pihak DKM lantas menghubungi Polsek Babakan Madang untuk menindak SM. Perempuan itu pun kemudian dibawa oleh polisi ke Polres Bogor untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Hari Jadi Bogor, Bima Arya dan Anies Baswedan Tarung Silat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya