Comscore Tracker

Pemilik Mobil yang Bawa Sajam di Pelantikan Jokowi Jadi Tersangka

Polisi temukan dua bilah parang di dalam mobil tersebut

Jakarta, IDN Times - Polisi mengamankan pemilik dan pengemudi mobil yang menghalangi lintasan para tamu negara pada acara pelantikan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10).

Di dalam mobil tersebut, polisi menemukan dua bilah senjata tajam. Lantas, bagaimana hasil pemeriksaannya?

1. Pemilik mobil ditahan

Pemilik Mobil yang Bawa Sajam di Pelantikan Jokowi Jadi TersangkaIDN Times/Axel Jo Harianja

Pemilik mobil yang diamankan oleh polisi bernama Prof. DR. Irwannur Latubual. Dia bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Sedangkan sang pengemudi, bernama Haryono Sangaji yang bekerja sebagai wiraswasta.

Saat mobil itu digeledah, polisi menemukan dua buah senjata tajam (sajam) jenis parang, plat nomor polisi palsu B 1442 KJM, pin anggota PKRI, kartu anggota PKRI atas nama Haryono Sangaji, serta undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, Prof. DR. Irwannur Latubual telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

"Saat ini sudah kita lakukan pengamanan soal menguasai sajam. Artinya kena Undang-Undang (UU) Darurat, disitu yang kita proses. Hari ini kita lakukan penahanan terhadap tersangka itu," jelas Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (21/10).

Baca Juga: Bawa Senjata Tajam, Mobil Tamu Undangan Pelantikan Jokowi Diamankan

2. Irwannur mendapat undangan pelantikan presiden dengan cara membeli

Pemilik Mobil yang Bawa Sajam di Pelantikan Jokowi Jadi TersangkaDokumen Istimewa

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Irwannur ternyata memperoleh undangan pelantikan presiden dan wakil presiden dengan cara membeli. Polisi kata Argo, hingga saat ini masih terus mendalami dari mana Irwannur membeli undangan tersebut.

"Kenapa (membeli undangan)? Tujuannya, kalau dia dapat undangan itu, dia boleh masuk ikut pelantikan. Dia biar dikatakan orang hebat, orang top yang bisa masuk atau diundang di pelantikan presiden," jelas Argo.

"Sekarang masih kita dalami apakah ada pidana lain atau pernah melakukan penipuan dan sebagainya masih kita dalami masih kita cari," sambung Argo.

3. Sebuah mobil sempat halangi lintasan para tamu negara

Pemilik Mobil yang Bawa Sajam di Pelantikan Jokowi Jadi TersangkaDokumen Istimewa

Untuk diketahui, sebagaimana diberitakan sebelumnya, mobil yang diamankan tersebut adalah Nissan Terra bernomor polisi B 1 RI. Mobil itu diketahui terparkir di Lobby Hotel Raffles, Setiabudi, Jakarta Selatan, sejak Sabtu (19/10) pukul 23.00 WIB.

Atas perbuatannya, Irwannur Latubual dijerat pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata tajam, dengan ancaman pidana 10 tahun penjara.

Baca Juga: Apa Perbedaan dan Persamaan Pelantikan Jokowi Tahun 2014 & 2019?

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You