Eks Komandan Tim Mawar Kembali Datangi Bareskrim untuk Laporkan Tempo

Sebelumnya, Chairawan melaporkan Tempo ke Dewan Pers

Jakarta, IDN Times - Mantan Komandan Tim Mawar, Mayjen TNI (Purn) Chairawan Nusyirwan hari ini (12/6) mendatangi Bareskrim Mabes Polri untuk melaporkan Majalah Tempo.  Laporan tersebut terkait hasil investigasi  Majalah Tempo yang menyebut dugaan keterlibatan mantan anggota Tim Mawar dalam aksi demonstrasi yang berakhir ricuh pada 22 Mei 2019.

Dalam laporannya edisi 10 Juni-16 Juni 2019 berjudul Tim Mawar dan Rusuh Sarinah, Majalah Tempo menjelaskan, Fauka Noor Farid disebut sebagai salah satu mantan anggota Tim Mawar yang diduga menjadi orang di balik kerusuhan tersebut.

"Hari ini melaporkan, mau diskusi lagi bagaimana laporan saya kemarin. Sudah (bawa bukti), teknis lah itu (barang bukti). Nanti aja lah ya," ujarnya di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/6).

Selasa (11/6) Chairawan sudah mendatangi Bareskrim Polri. Namun, dia mengaku hanya konsultasi mengenai laporan yang akan dia serahkan hari ini.  

Baca Juga: Eks Pimpinan Tim Mawar Laporkan Majalah Tempo ke Bareskrim Polri

1. Chairawan merasa dirugikan karena nama Tim Mawar dikaitkan dengan bentrok 22 Mei

Eks Komandan Tim Mawar Kembali Datangi Bareskrim untuk Laporkan TempoIDN Times/Axel Jo Harianja

Chairawan merasa dirugikan karena nama Tim Mawar dikaitkan dalam kasus kerusuhan 21-22 Mei 2019,  seperti yang diberitakan oleh Majalah Tempo. Menurutnya, Tim Mawar sudah dibubarkan sejak tahun 1999 dan tak sepatutnya disebut sebagai tim.

"Nah, Tim Mawar kan udah bubar. Itu kan menyudutkan berarti. Tahun 1999 udah bubar. Kalau pun ada, itu kan personel, anggota. Gak mungkin satu orang dibilang tim, atau dua (orang) disebut tim. Tim itu banyak," jelasnya.

Dengan pengaitan semacam itu, imbuhnya, ditengarai akan menimbulkan prasangka-prasangka yang macam-macam.  "Satu orang dua orang, itu bukan tim namanya. Kita bicara bahasa ya, bahasa itu menimbulkan image, macam-macam dugaan," katanya lagi.

2. Chairawan sebelumnya menyambangi Dewan Pers

Eks Komandan Tim Mawar Kembali Datangi Bareskrim untuk Laporkan TempoIDN Times/Axel Jo Harianja

Sebelumnya, Chairawan bersama tim kuasa hukumnya mengadukan Majalah Tempo ke Dewan Pers. Jenderal bintang dua ini merasa keberatan dengan isi pemberitaan yang dimuat oleh Majalah Tempo dengan judul Tim Mawar dan Rusuh Sarinah edisi Senin, 10 Juni 2019.

Kuasa hukum Chairawan, Herdiansyah menyebut pemberitaan Majalah Tempo cenderung tendensius dan tidak memiliki informasi yang terpercaya.

"Tempo terlalu tendensius memberitakan berita tersebut, langsung menuduh tanpa klarifikasi," ucap Herdiansyah di Gedung Dewan Pers.

3. Fauka diduga terlibat di balik aksi kerusuhan 22 Mei

Eks Komandan Tim Mawar Kembali Datangi Bareskrim untuk Laporkan TempoIDN Times/Istimewa

Fauka Noor Farid diduga terlibat di balik aksi demonstrasi yang berakhir ricuh pada 22 Mei 2019 lalu. Fauka merupakan mantan anak buah Calon Presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Berdasarkan penelusuran tim Majalah Tempo disebutkan bahwa, Fauka berada di kawasan Sarinah tepatny di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI saat terjadinya peristiwa kerusuhan 22 Mei lalu.

Tak hanya itu, dijelaskan pula terdapat sebuah transkrip percakapan yang mengungkap jika Fauka beberapa kali melakukan komunikasi dengan Ketua Umum Baladhika Indonesia Jaya, Dahlia Zein tentang kerusuhan yang terjadi di sekitar kawasan Bawaslu.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman terkait hasil laporan yang diungkapkan oleh Tim Majalah Tempo.

"Pada prinsipnya penyidik melakukan upaya-upaya penyelidikan dengan memperhatikan berbagai sumber informasi, termasuk dari media tersebut. Yang jelas tentunya semua menggunakan metode khusus untuk penyelidikan ini," jelasnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin(10/6) lalu.

Baca Juga: Eks Anggota Diduga Dalang Aksi Kerusuhan 22 Mei, Apa Itu Tim Mawar?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya