Foto Resmi Presiden Jokowi Dirilis, Ini Perbedaannya dengan di Pasaran

Banyak foto Presiden Jokowi yang tidak resmi beredar

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah mengeluarkan foto resmi Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin.

Namun, foto resmi yang dirilis oleh Kemensetneg pada Kamis (17/10) lalu, berbeda dengan foto yang beredar di pasaran, salah satunya di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Terdapat perbedaan gestur antara foto resmi dengan yang dijual di pasar tersebut.

Pedagang di pasar itu, Adnan, mengaku belum mengetahui bahwa foto resmi tersebut sudah dirilis oleh pemerintah, sementara foto yang dijual sudah didapatkan sejak dua minggu lalu.

"Foto yang kita jual ini dipesan dari percetakan di Bogor sejak dua pekan lalu," ujar Adnan di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (18/10).

Baca Juga: Hasil Jokowi Bangun Papua: Pembangunan Naik, Kemiskinan Menurun

1. Foto tidak resmi Presiden Jokowi juga beredar luas di Jakarta Selatan

Foto Resmi Presiden Jokowi Dirilis, Ini Perbedaannya dengan di PasaranIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tidak hanya di Jatinegara, di berbagai wilayah di Jakarta Selatan juga mengedarkan foto yang bukan dirilis oleh Kemensetneg. Salah satu penjual, Ema, mengaku mendapatkan foto yang ia jual dari percetakan.

"Kita pesan dari percetakan, soal foto resmi atau bukan sih gak tau," ujarnya.

2. Ada yang belum berani jual foto presiden dan wakil presiden sebelum pelantikan

Foto Resmi Presiden Jokowi Dirilis, Ini Perbedaannya dengan di PasaranInstagram/@jokowi

Berbeda dengan penjual di toko lain, salah satu pedagang bingkai foto malah mengaku belum menjual foto resmi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hal ini karena percetakan baru akan mengirim foto tersebut setelah pelantikan.

"Saya belum berani jual kalau belum ada pelantikan. Biasanya kalau sudah dilantik, baru ada kiriman dari percetakan," ujarnya.

3. Perbedan foto resmi dari Kemensetneg dan yang beredar di pasaran

Foto Resmi Presiden Jokowi Dirilis, Ini Perbedaannya dengan di PasaranKemensetneg

Foto resmi yang dikeluarkan Sekretaris Negara, Presiden Jokowi difoto dengan posisi sedikit miring, tersenyum ke arah kamera dan tanpa memperlihatkan gigi. Menggunakan kopiah hitam, jas merah seperti foto di atas.  

Sementara yang beredar di pasaran ada berbagai versi. Salah satunya foto yang tersenyum dengan memperlihatkan gigi dan menghadap lurus ke depan. Warna foto juga terlihat lebih terang.

Sementara foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang beredar di pasaran, ada dengan posisi tampak menengadah ke atas, senyum tanpa memperlihatkan gigi dan nama ditulis lengkap dengan gelar pendidikan.

4. Kemensetneg rilis foto resmi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024

Foto Resmi Presiden Jokowi Dirilis, Ini Perbedaannya dengan di PasaranIDN Times / Larasati Rey

Untuk foto resmi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah menerbitkan Surat bernomor B-117/M.Sesneg/Set/TU 00.03/10/2019tentang Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024.

Dalam surat tersebut tertulis, sehubungan dengan pelantikan presiden yang akan digelar pada Minggu (20/10), Mensetneg merilis foto resmi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, dan foto tersebut bisa diunggah melalui halaman resmi Kemensetneg, www.setneg.go.id.

Foto resmi tersebut digunakan agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Survei: 58,8 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya