TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soal Rocky Gerung, Haedar Nashir: Instrospeksi bagi Semua

Ada ranah hukum dan ranah pemikiran

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Pernyataan Rocky Gerung yang dinilai menghina Jokowi dengan kata-kata tidak pantas menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, pun memberikan tanggapan terkait perkara yang menimpa Rocky Gerung.

1. Kasus Rocky Gerung bisa dibedakan perspektif hukum dan mana kasus pemikiran

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (IDN Times/Daruwaskita)

Haedar menyatakan Rocky Gerung sendiri menempatkan diri dalam dua perspektif, yakni dirinya siap dalam perspektif hukum serta siap menjalani namun Rocky Gerung juga ingin menjelaskan dalam perspektif sebagai sebuah kegiatan intelektual.

"Saya pikir pihak bisa melakukan hal yang sama seperti kasus Panji Gumilang juga mana yang kasus ranah hukum dan mana kasus pemikiran. Saya kira kita dalam berbangsa dan bernegara saling berdialog," ucapnya di Kampus UMY, Minggu (6/8/2023).

Baca Juga: Ini Pernyataan Rocky Gerung yang Dianggap Menghina Jokowi

2. Semua pihak harus instrospeksi diri dengan berbagai kasus yang ada

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (IDN Times/Daruwaskita)

Terlepas dari itu, Haedar menyatakan berbagai kasus di Indonesia ini harus menjadi introspeksi semuanya. Apakah dalam mengelola negara sudah sesuai dengan konstitusi, cita-cita negara, cita-cita para pendiri bangsa dan kemaslahatan rakyat yang terbesar.

"Karena kan politik berbangsa dan bernegara kompleks, maka himbauan juga untuk para elit harus bijaksana, makin cerdas dan makin menunjukkan jiwa kenegarawanannya. Tidak kalah pentingnya seluruh elite bangsa dan masyarakat menempatkan kepentingan bangsa, negara dan kesatuan yang segala-galanya," ujarnya.

Baca Juga: Kritiknya Bikin Gaduh dan Onar di Publik, Rocky Gerung Minta Maaf

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya