TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menlu Retno Yakin Pemerintah Indonesia Tetap Dukung Palestina

Perlu konsistensi untuk mendukung Palestina

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (dok. Youtube Fisipol UGM)

Sleman, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi meyakini Indonesia dengan Presiden baru, yaitu Prabowo Subianto, tetap mendukung Palestina. Retno menyebut perjuangan Indonesia dan dunia untuk membantu Palestina masih panjang.

1. Yakini pemerintahan yang baru tetap bela Palestina

Diungkapkan Retno yang diperlukan adalah ketegaran, konsistensi dan memegang prinsip. Ia juga meyakini pemerintah yang baru akan konsisten untuk memberikan dukungan terhadap Palestina.

"Saya yakin pemerintah ke depan akan konsisten memberikan dukungan terhadap Palestina. Diperlukan sebuah kekokohan, keberpihakan terhadap keadilan, perdamaian dan kemanusiaan," ucap Retno.

2. Konsisten mendukung Palestina

Dikatakannya, Indonesia selama ini konsisten memegang prinsip dan nilai universal mendukung bangsa Palestina. Menjaga konsistensi ini menurutnya bukan hal yang mudah, dengan situasi dunia yang carut marut.

"Penuh tekanan, sana sini iming-iming transaksi macam-macam. Alhamdulillah sampai saat ini pemerintah masih kokoh dan konsisten membela bangsa Palestina," ungkap Retno.

Baca Juga: Menlu Retno Janji Indonesia Siap Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Gaza

3. Desak Israel hentikan serangan dan kirim bantuan untuk Palestina

Retno mengatakan Indonesia juga mendukung keputusan Mahkamah Indonesia (ICJ) agar Israel menghentikan serangan dan melakukan gencatan senjata. "Kita ingin keputusan ICJ jni dipatuhi Israel dan PBB membuat keputusan memaksa Israel untuk patuh," kata dia.

Disebutnya saat ini Indonesia terus berupaya memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh Palestina. "Komitmen untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan," ucap Retno.

Baca Juga: 6 Daya Tarik Kotagede Jogja, Wisata Sejarah sampai Kulineran

Berita Terkini Lainnya