TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Fakta Tim UGM Maju Final Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times

Ada yang pernah sabet gelar best speaker debat internasional

Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) maju babak final Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times. Nawfal Aulia Luthfurrahman, Meira Davina Jasmine, dan Haybah Shabira. (IDNTimes/Febriana Sinta)

Sleman, IDN Times - Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) maju babak final Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times. Nawfal Aulia Luthfurrahman, Meira Davina Jasmine, dan Haybah Shabira, bakal bertemu tim Institut Pertanian Bogor (IPB), pada 6 Juni 2024. Ini 4 fakta menarik tentang tim debat UGM:  

1. Puluhan kali mengikuti lomba debat

Nawfal, Meira, dan Haybah bertemu sebagai tim untuk pertama kalinya sebagai kelompok atau tim. Ketiganya mengaku baru akrab menjelang lomba diadakan.

"Sebetulnya saya saja yang menjadi teman baru bagi mereka, karena Nawfal dan Meira, adalah teman waktu SMA dan mereka sudah bersama-sama ikut lomba sejak sekolah," ujar Haybah.

Nawfal dan Meira yang merupakan alumni SMAN 8 Yogyakarta, mengaku sudah beberapa kali mengikuti lomba debat. Lomba debat bagi keduanya sudah dilakukan hingga puluhan kali. 

"Iya baik di internal sekolah, kampus dan ada juga yang tingkat internasional. Terakhir event debat di Filipina, bahkan masuk Nawfal masuk delapan besar sebagai best speaker," terang Meira, Jumat (31/5/2024). 

Sedangkan Haybah yang merupakan alumni MAN 2 Banda Aceh menambahkan, final Liga Debat IDN Times merupakan pertama kali baginya. "Ini merupakan debat final pertama bagi saya, dan akan berusaha sebaik-baiknya," ujarnya. 

2. Tambah literasi tentang Gen Z dan lingkungan

Ketiganya mengaku maju sebagai finalis tidak mempersiapkan secara khusus materi dan persiapannya. Nawfal menjabarkan, selama ini latihan rutin sudah dilakukan, tim akan menambah literasi tentang lingkungan. 

"Tidak ada persiapan khusus bagi kami, namun dari pelatih kami meminta agar menambah bacaan tentang lingkungan dan data tentang Gen Z," terangnya. 

 

Baca Juga: Tim Debat UGM Lawan IPB di Final Liga Debat Mahasiswa IDN Times 2024

3. Berasal dari fakultas yang berbeda

Mungkin tak ada yang tahu, ketiganya merupakan mahasiswa baru di UGM yaitu angkatan 2023 dan tidak berasal dari fakultas yang sama. Nawfal Aulia Luthfurrahman, merupakan mahasiswa Ekonomi,  Meira Davina Jasmine dari fakultas Hukum dan Haybah Shabira adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya. Ketiganya bertemu di UKM Debat UGM sekitar enam bulan lalu. 

"Nah karena fakultas kami berbeda, dan jam kuliah juga beda, maka latihan yang dilakukan kadang secara online. Tetapi bisa kami melakukan," terang Haybah.  

4. Belum pernah datang ke Jakarta

Kepada IDN Times, Meira mengaku kepergiannya ke Jakarta untuk mengikuti Liga Debat IDN Times selain acara final, harus mempersiapkan diri pergi ke Jakarta untuk pertama kalinya. 

"Iya belum pernah ke Jakarta, dulu pernah diajak orangtua tetapi gak mau. Selain itu juga belum pernah naik pesawat juga. Saya over thinking, tapi harus belajar naik pesawat," papar Meira. 

 

Baca Juga: Rektorat: Tarif UKT UGM Belum Pernah Capai Batas Tertinggi BKT

Berita Terkini Lainnya