Comscore Tracker

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah Ini

Bantu kamu menghindari kaki lecet saat memakai sepatu baru

Beberapa pekerjaan mewajibkanmu menggunakan sepatu formal alih-alih sneaker. Sepatu formal yang berkualitas terbuat dari kulit asli yang membutuhkan penanganan khusus agar lebih nyaman digunakan saat pertama kali dan agar lebih awet.

Biasanya sepatu kantor yang terbuat dari kulit bisa membuat kaki lecet karena bahan kulitnya yang masih keras. Untuk itu, sepatu kulit harus di-break in terlebih dahulu dengan memakainya berkali-kali agar semakin nyaman dipakai.

Nah, ternyata kamu bisa mempersingkat waktu break in ini dengan cara-cara mudah lho. Berikut tipsnya!

1. Gunakan untuk berjalan kaki di sekitar rumah

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniPixabay/Free-Photos

Daripada kamu harus menggunakannya untuk pergi ke kantor selama berhari-hari, kamu bisa melenturkan bahan kulit di sepatu dengan cara memakainya untuk berjalan berkeliling rumah. Kamu juga bisa menggunakan sepatu barumu untuk beraktivitas seperti biasa di dalam rumah sehingga bahan kulit dari sepatu akan melunak dan menyesuaikan ke bentuk kakimu dengan lebih cepat.

2. Gunakan hair dryer untuk membuat upper sepatu tidak kaku

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniPexels/Element5 Digital

Meskipun kamu sudah memakainya cukup lama untuk berkeliling sekitar rumah, namun di beberapa bagian terkadang masih ada bahan kulit yang belum lentur sehingga di bagian-bagian tersebut perlu kamu berikan penanganan khusus agar bisa menjadi lentur, yaitu menggunakan hair dryer.

Panaskan upper sepatu berbahan kulit dengan menggunakan hair dryer sampai terasa hangat, lalu pakai sepatu untuk berjalan-jalan kembali. Panas dari hair dryer akan membuat bahan kulit sepatu lebih lentur dan mudah dibentuk agar sesuai dengan ukuran kaki.

3. Jika sol sepatu terbuat dari bahan kulit, gunakan ampelas untuk membuatnya tidak licin

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniInstagram.com/rijaluahimsa

Sol sepatu formal juga biasanya terbuat dari bahan kulit. Kamu bisa mengecek apakah sepatu kerja kamu berbahan kulit atau bukan dengan melihat permukaannya. Biasanya sol sepatu berbahan kulit yang masih baru berwarna cokelat dan tidak ada uliran di bagian bawah solnya sehingga akan licin jika langsung dipakai.

Cara lain untuk mengeceknya adalah dengan mengetuk sol sepatu ke sudut meja. Jika suara yang dihasilkan cenderung keras dan ciri-cirinya seperti di atas maka bisa dipastikan itu berbahan kulit. Namun jika saat diketuk ke sudut meja suaranya cenderung lebih lembut maka bahan sol sepatunya karet.

Cara lainnya kamu bisa mengecek spesifikasi sepatu yang kamu beli di situs brand sepatu kamu karena sepatu formal cenderung akan mencantumkan dari bahan apa saja sepatu itu dibentuk.

Sol kulit lebih mewah, awet, mudah di-resole jika sudah habis, dan memberikan suara yang khas saat dipakai berjalan. Namun kelemahan sol kulit adalah licin saat masih baru dipakai.

Agar sol kulit tidak licin, kamu bisa membuat traksi di bagian bawah solnya dengan menggunakan ampelas. Pilih ampelas yang tipis agar sol kulit sepatu kamu tidak banyak tergerus. Gosok hingga bagian sol menjadi kasar dan tidak licin saat dipakai di lantai.

4. Jika tidak ada ampelas, gosok sol sepatu di permukaan jalan yang kasar

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniUnsplash.com/Dimitri Houtteman

Alternatif lain jika kamu tidak memiliki ampelas adalah dengan cara menggosokkannya di permukaan lantai yang kasar. Kamu bisa menggosok bagian bawah sepatumu sambil dipakai di permukaan aspal atau conblock hingga tercipta traksi yang cukup dan tidak licin. Kamu tidak perlu khawatir membuat sol sepatu kamu jadi lecet dan rusak karena sepatu dengan sol kulit memang akan seperti itu jika digunakan terus menerus.

Baca Juga: Gak Dapat Sepatu Compass, Ini 7 Sneaker Lokal yang Tak kalah Keren 

5. Jika ingin membuat sol kulit lebih awet, gunakan sole grip untuk melapisi

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniAliexpress.com

Namun jika kamu merasa sayang dengan sol kulit sepatu yang kamu miliki, kamu bisa melapisinya dengan karet khusus untuk melindungi sol sekaligus membuatnya tidak licin.

Karet ini bernama sole grip dan bisa dibeli di toko sepatu atau toko online dengan harga yang tidak begitu mahal, yaitu sekitar Rp25 ribuan saja sepasangnya. Biasanya sole grip ini juga dipakai untuk sepatu heels wanita agar tidak licin.

6. Hindari kerusakan di bagian heel dengan shoe horn

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniThedistilledman.com

Bagian heel atau belakang sepatu kulit kerap menjadi korban akibat pemakaian sepatu yang kurang tepat. Biasanya karena terburu-buru, pemakai sepatu kulit jadi tidak sengaja menginjak bagian heel dan membuat bagian heel menjadi berkerut, apalagi saat kondisi sepatu masih baru sehingga bagian sepatu masih cukup sempit.

Untuk menghindari hal ini, kamu membutuhkan alat bernama shoe horn untuk membantu kakimu masuk ke dalam sepatu dengan lebih mudah. Shoe horn ada yang terbuat dari plastik, stainless steel, dan tanduk binatang. Harganya yang terbuat dari plastik cukup murah, mulai Rp20 ribuan saja namun bisa menyelamatkan sepatu baru kamu dari kerutan yang tidak diinginkan.

7. Miliki tali sepatu cadangan

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniPexels.com/Lukas

Tali sepatu terkadang menjadi bagian yang paling ringkih dari sepatu formal. Bentuknya yang tipis mudah sekali patah jika dipaksakan untuk mengikat sepatu. Kamu paling tidak harus memiliki tali sepatu cadangan dengan warna yang sama dengan tali sepatu kerja kamu untuk berjaga-jaga jika saat buru-buru berangkat ke kantor atau menghadiri acara penting, tiba-tiba tali sepatu kamu putus.

8. Jaga bentuk sepatu dengan shoe tree

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniOnecedarlane.com

Semahal-mahalnya sepatu pasti bentuknya akan berubah sehingga kamu membutuhkan alat untuk menjaga bentuk sepatu tetap baik saat tidak digunakan, alat itu bernama shoe tree.

Shoe tree yang bagus terbuat dari kayu karena dapat menyerap kelembapan dari dalam sepatu, namun untuk pilihan bujet yang lebih murah kamu bisa membeli yang berbahan plastik.

Shoe tree yang berbahan plastik harganya sekitar Rp45 ribuan. Jika kamu mau solusi lebih hemat lagi, kamu bisa menyumpalnya menggunakan koran bekas saat sepatu tidak digunakan meskipun tak semaksimal saat menggunakan shoe tree.

9. Gunakan produk perawatan sepatu kulit

Sepatu Kulit Terasa Tak Nyaman Dipakai? Lakukan 9 Tips Mudah IniUnsplash.com/Lina Verovaya

Sepatu kulit butuh perawatan khusus karena tak boleh dicuci menggunakan air. Kamu bisa membeli shoe cleaner khusus kulit untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di sepatu kamu, lalu dioles dengan leather lotion untuk mengembalikan kilau dan kelenturan sepatu, dan jika kamu sering kehujanan maka melapisi sepatu dengan produk water repellent untuk membuat sepatu kamu tahan air juga perlu dilakukan.

Produk water repellent ini juga bisa langsung kamu aplikasikan di sepatu baru agar tidak mudah basah saat dipakai. Tak perlu khawatir boros karena perawatan dengan produk-produk ini bisa dilakukan beberapa bulan sekali tergantung pada intensitas kamu memakainya.

Mudah bukan, membuat sepatu kulit kamu langsung nyaman dipakai? Yuk, buat tambah semangat bekerja dengan sepatu yang nyaman!

Baca Juga: 5 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Setiap Pria, Biar Selalu Gaya!

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya