Comscore Tracker

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAja

Biar tetap kece meski gak bisa ke barbershop

Pandemik virus corona tampaknya masih akan berlangsung beberapa waktu ke depan. Alhasil, sejumlah aktivitas manusia pun terhenti karena imbauan untuk di rumah aja. Tak terkecuali soal potong rambut. Ketika barbershop langganan tutup, banyak pria yang kebingungan untuk memotong rambutnya yang mulai gondrong.

Nah, dengan alat yang memadai, kamu para pria tetap bisa merapikan sendiri rambutmu saat di rumah, kok. Agar rambutmu tetap kece selama di rumah, lakukan cara-cara berikut ini, ya!

1. Siapkan alat-alatnya seperti gunting, mesin cukur, sisir dan cermin

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaPixabay.com/TLSPAMG

Pertama, kamu perlu menyiapkan dulu alat-alatnya. Alat yang disiapkan pun tergantung seperti apa mau potongan yang kamu mau. Jika hanya mau merapikan bagian rambut yang panjang, maka gunting saja cukup. Tapi kalau ingin membuat rambut tetap pendek dan tipis, maka kamu harus sediakan alat potong elektrik yang gampang ditemukan di e-commerce.

Oh iya, selain alat cukur jangan lupa juga siapkan sisir dan cermin ya. Bentuk dan jenis sisir bebas, yang penting bisa mengatur rambut kamu sebelum digunting agar panjangnya sama. Cermin juga bisa gunakan cermin yang ada di kamar mandi atau di meja rias. Usahakan sediakan cermin tangan agar bisa lihat rambut di bagian belakang kepala.

2. Tentukan gaya rambut

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaInstagram.com/barberbox_palembang

Sebelum eksekusi, ada baiknya tentukan dulu mau gaya rambut seperti apa. Dikarenakan ini potong rambut sendiri di rumah, lebih baik gaya rambut yang simpel dan gampang saja. Terlebih untuk kamu yang baru pertama kali melakukannya.

Tapi gak ada salahnya mencoba memotong dengan gaya rambut tertentu. Kalau butuh referensi, di YouTube banyak referensi gaya rambut yang mudah dilakukan ketika potong rambut di rumah.

3. Usahakan lakukan di tempat dengan cahaya cukup banyak

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaMenhairstylestoday.com

Tentukan juga tempat kamu mau potong rambut di mana. Kebanyakan orang akan memotong rambutnya di kamar mandi. Tapi kadang, ruang yang sempit dan kurangnya cahaya bisa memengaruhi hasil.

Untuk itu, usahakan berada di tempat dengan cahaya yang cukup dan ruang yang lebar agar tangan leluasa bermanuver. Di teras misalnya, atau di halaman belakang rumah juga bisa.

4. Keramas dulu sebelum dipotong

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaslikhaarshop.com

Jika alat sudah siap semua dan tempat sudah oke, mari mulai eksekusi. Tapi sebelumnya, sangat disarankan untuk kamu keramas dulu. Sebab rambut bakal jadi lebih mudah diatur ketika sehabis keramas. Selain itu, jika kamu sering pakai pomade atau semacamnya, maka ini harus dihilangkan dulu dengan cara keramas.

Jangan lupa untuk mengeringkan rambut ketika selesai keramas. Memotong rambut yang basah akan sangat sulit mengira-ngiranya. Pasti nanti potongannya bakal tak seperti yang diharapkan ketika rambut kering.

5. Lakukan mulai dari sisi kanan dan kiri

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaBuzzcutguide.com

Nah jika sudah, atur posisi senyaman mungkin. Mau berdiri atau duduk terserah kamu. Bagi yang pakai alat pemotong elektrik, mulailah potong rambut dari bagian sisi kiri dan kanan terlebih dahulu. Mulai dari bawah lalu ke atas. Gerakan sesuai dengan lawan arah rambutmu tumbuh. Lakukan secara bertahap mulai dari bagian cambang sampai belakang.

Begitu juga buat kamu yang cuma pakai gunting. Sesuaikan potongan dengan gaya yang kamu tentukan. Bisa mulai dari bagian sebelah kiri atau kanan dulu, bisa juga langsung ke tengah jika memang hanya ingin merapikan bagian tengahnya saja.

Penting untuk menjaga mesin pencukur tetap stabil agar gaya potongan juga gak berantakan. Perlu diingat juga, sering-sering bilas atau buang bekas rambut yang sudah terpotong yang menempel di kepala. Ini perlu dilakukan agar bisa memastikan rambut yang sudah dipotong rapi dan memiliki panjang yang sama.

Baca Juga: Pria Sejati, Hindari 5 Perilaku Ini Ketika #DiRumahAja Selama Pandemi

6. Pangkas rambut bagian belakang

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaBuzzcutguide.com

Jika kedua sisi kepala sudah yakin rapi, kini saatnya merapikan bagian belakang. Ada trik tersendiri untuk mencukur rambut bagian belakang. Tahap ini sedikit sulit karena benar-benar perlu bantuan cermin untuk melihatnya.

Di sinilah cermin tangan sangat berfungsi. Kamu bisa melihat rambut bagian belakang kepala lewat cermin tangan yang dipantulkan ke cermin utama. Tundukkan kepala, ini akan membuat tangan kamu lebih leluasa untuk mengatur bagian mana yang akan dipotong.

Bagi yang pakai mesin pencukur, ini bakal lebih mudah. Oleh karena mesin pencukur punya guard atau yang sering disebut sepatu yang bisa menjaga agar rambut kamu gak terlalu pendek ketika memotong dengan tangan sendiri.

7. Potong bagian atas dengan gunting

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaMenhairstylestoday.com

Untuk memotong rambut bagian atas, sangat dianjurkan untuk menggunakan gunting. Kecuali ketika kamu ingin membuat tipis bagian atas rambut kamu, bisa menggunakan mesin pencukur.

Mulailah dengan menarik rambut ke atas dengan menggunakan sisir lalu potong perlahan-lahan sampai panjangnya sama. Tarik lagi rambut, lalu cari untaian yang dirasa masih terlalu panjang, lalu potong lagi. Lakukan berulang-ulang sampai tepat seperti gaya yang diinginkan.

8. Tips buat kamu yang punya poni

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaUnsplash.com/kibby220

Bagi cowok berponi, trik untuk merapikannya adalah dengan menyisir poninya ke bawah. Lalu gunting dan sesuaikan panjangnya sesuai keinginan. Cowok berponi memang identik dengan pemilik dahi yang lebar. Jadi pastikan poni tidak dipotong terlalu pendek, jika memang dahi ingin ditutupi.

9. Buat rambutmu bergaya agar makin kece

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaMenhairstlestoday.com

Setelah seluruh bagian rambut rapi seperti keinginan, kamu juga bisa menambahkan gaya rambut dengan menggunakan gunting khusus, mesin pencukur atau juga pisau kerik khusus untuk rambut. Untuk kamu yang baru pertama kali, jangan malas untuk melihat tutorial di YouTube. Supaya nanti hasilnya gak zonk.

10. Bilas dan lihat hasilnya

Ini 10 Cara Potong Rambut Sendiri untuk Pria Ketika #DiRumahAjaMenhairstylestoday.com

Jika gaya rambut sudah tampak kece, bilas kepala sampai bekas potongan rambut kecil-kecil hilang dari badan. Sekalian mandi dan keramas lagi juga boleh. Selesai, rambut tetap kece meski cuma potong sendiri di rumah aja.

Itu dia sederet tips dan trik untuk para pria agar bisa potong rambut sendiri di rumah. Memang agak ribet, tapi gak susah kok. Daripada harus ambil risiko keluar rumah, ya kan?

Baca Juga: 5 Inspirasi Style Santai untuk Pria Saat #DiRumahAja, Biar Tetap Keren

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya