Comscore Tracker

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas 

#IDNTimesLife Jaga mahkotamu agar tidak rontok 

Keramas diyakini dapat menjaga kelembapan dan keindahan rambut. Cara ini dilakukan agar rambut terlihat berkilau dan tidak kusut. 

Namun ternyata ada beberapa kesalahan mendasar yang biasa dilakukan sebelum mencuci rambut. Berikut beberapa kesalahan yang wajib kamu hindari saat keramas. 

1. Terlalu sering keramas

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas pexels.com/@armin-rimoldi

Kesalahan pertama adalah mencuci rambut dengan frekuensi yang terlalu sering. Kenapa seperti itu? Sebab, hal tersebut bisa membuat rambutmu jadi lebih kering.

Kelembapan yang datang dari minyak alami di rambutmu akan terangkat. Supaya hal tersebut gak terjadi, kamu bisa membuat jadwal cuci rambut selama 2-3 kali dalam seminggu.

2. Mencuci rambut menggunakan air yang terlalu panas

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas pexels.com/@armin-rimoldi

Mandi dengan air hangat memang cocok buat relaksasi. Terasa nyaman dan menenangkan. Namun, sebaiknya kamu hindari keramas dengan air yang suhunya terlalu panas, ya!

Ada beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya menghindarinya. Yang pertama, juga berhubungan dengan kelembapan alami rambut yang hilang. Selain itu, air yang terlalu panas akan memengaruhi warna rambut. Hal ini juga perlu kamu perhatikan apabila kamu sedang mengecat rambutmu. 

3. Memijat kepala dengan terlalu keras

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas pexels.com/@armin-rimoldi

Kesalahan yang ketiga adalah keramas dengan tahapan yang keliru. Salah satunya dengan memijat kulit kepala dengan terlalu keras.

Tahapan yang benar dimulai dengan mengaplikasikan sampo pada ujung rambut terlebih dahulu. Kemudian, pijat secara perlahan sampai ke bagian akar rambut. Hindari gerakan yang terlalu kasar seperti menggosok sampai memijat kulit kepala dengan terlalu kuat.

4. Menggunakan sampo dengan formula yang kurang cocok dengan kondisi rambut & kulit kepala

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas pexels.com/@armin-rimoldi

Pengen rambut tampil badai selalu? Kiat terpenting yang harus kamu ikuti adalah mengenali jenis rambut dan kulit kepala.

Belilah selalu sampo yang sesuai dengan kondisi tersebut! Apabila kulit kepalamu cenderung berminyak, pilihlah sampo dengan label clarifying yang formulanya ringan dan gak menggunakan tambahan pelembap.

Sedangkan untuk rambut yang cenderung kering, kamu bisa pilih sampo dengan klaim hydrating atau pun moisturizing. Ini supaya rambutmu jadi makin lembut dan halus.

Baca Juga: Rekomendasi Sampo buat Para Hijabers, Anti Lepek!

5. Gak membiarkan kondisioner meresap sebelum dibilas

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas pexels.com/@armin-rimoldi

Fungsi kondisioner adalah untuk menambah kelembapan rambut setelah keramas. Agar produknya bisa bekerja dengan efektif, kamu perlu membiarkan kondisionernya meresap terlebih dahulu sebelum membilasnya.

Jangan terburu-buru untuk langsung membilasnya dengan air, ya! Tunggu tiga sampai lima menit saja.

6. Gak menggunakan vitamin rambut sebagai pelengkap nutrisi

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas pexels.com/@nick-bondarev

Selain menggunakan sampo dan kondisioner, kamu sebaiknya gak melewatkan penggunaan vitamin rambut. Produk ini bisa menambah nutrisi pada rambut, apalagi kalau kamu terbiasa untuk pakai produk hairstyling yang panas seperti hair dryer atau catok.

7. Gak menyisir rambut sebelum keramas

Sayangi Rambutmu, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Saat Keramas pexels.com/@cottonbro

Nah ini dia yang umumnya tidak dilakukan. Kebanyakan orang adalah gak menyisir rambut sebelum keramas. Sebaliknya, orang justru melakukannya saat mandi dan mencuci rambutnya. Padahal, ini supaya rambut jadi gak gampang kusut dan rontok saat keramas.

Nah kalau sudah mengerti, jangan lakukan kesalahan lagi ya demi kesehatan rambut kamu. 

Baca Juga: 6 Sampo Khusus Perawatan Rambut Berwarna, Rambut Sehat dan Berkilau

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya