Comscore Tracker

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan Perempuan

Karena setiap perempuan berhak memilih

"Duh, cewek kok gak bisa dandan?"

atau

"Kok gak bisa masak sih, gimana nasib suamimu besok?"

Seberapa sering kamu mendengar kalimat di atas. Nampaknya, lingkungan memberi standar tak kasat mata yang harus bisa dicapai para perempuan. Kaum hawa sepertinya harus bisa memenuhi ini itu, supaya bisa disebut wanita seutuhnya.

Harus jago masak, pintar berdandan, atau lihai mengurus anak. Sudah tahun 2019 nih, sampai kapan stereotipe macam ini menggerogoti? Meski diharapkan, sebenarnya 7 hal ini gak harus dilakukan perempuan kok. Kamu punya kebebasan menentukan apa yang kamu mau.

1. Menikah

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan PerempuanPhoto by Soroush Karimi on Unsplash

Entah menikah muda atau menikah di usia matang, menikah biasanya jadi sebuah hal yang harus dilakukan di kultur budaya Timur. Jika tak menikah maka bakal ada label 'perawan tua' yang disematkan oleh lingkungan. Banyak orang lupa bahwa sebenarnya menikah itu bukan tujuan hidup, menikah adalah sebuah pilihan.

Jika kamu memilih untuk tidak menikah, itu bukan suatu masalah besar. Justru yang jadi masalah adalah menikah hanya karena tuntutan lingkungan atau orangtua. Menikahlah karena memang kamu ingin dan karena sudah siap.

2. Tidak bekerja setelah menikah

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan PerempuanPhoto by Shelby Deeter on Unsplash

Banyak wanita yang memutuskan untuk berhenti bekerja dan berfokus pada keluarga. Hal itu tentu tidak salah karena keluarga harus diprioritaskan. Namun, kamu juga tetap dibenarkan jika ingin bekerja setelah menikah. Kamu berhak kok untuk terus berkarya, jika kamu mampu membagi waktu, kenapa tidak?

Lagipula ada wanita yang justru merasa lebih hidup karena bisa terus bekerja meski sudah berumah tangga. Namun memang ada juga yang pilih untuk mendedikasikan hidupnya untuk mengurus anak dan keluarga. Keduanya tidak ada yang salah, jadi hargai pilihan yang diambil setiap orang.

3. Selalu fashionable dan mengikuti tren

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan PerempuanPhoto by Pete Bellis on Unsplash

Wanita gak harus selalu tampil fashionable dan mengikuti tren. Mereka berhak berdandan suka-suka dan sesuai karakter mereka. Apapun yang kamu kenakan, yang penting nyaman untuk dirimu sendiri.

4. Tampil cantik demi menyenangkan orang yang dikasihi

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan PerempuanPhoto by Nik MacMillan on Unsplash

"Kamu dandan buat siapa sih? Kan jomblo, sia-sia dong?"

atau

"Duh, jadi cewek kok gak pinter dandan sih?"

Pernah mendengar kalimat ini? Well, wanita berhak mempercantik diri apapun status hubungannya. Berdandan bukan semata hanya untuk menyenangkan orang yang dikasihi. Ada kepuasan sendiri yang didapat dari kegemaran ini. Berdandan juga bisa dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri dan bisa dijadikan salah satu wujud penghargaan kepada diri sendiri.

Di sisi lain, wanita juga gak dituntut untuk selalu tampil sempurna di depan pasangannya. Justru tampil lah apa adanya. Gak bisa dandan? Gak masalah!

Baca juga: Yuk Intip 10 Model Rambut yang Bakalan Trend di Tahun 2018

5. Punya badan slim setelah melahirkan

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan PerempuanPhoto by Christopher Campbell on Unsplash

"Kalau gemuk nanti suamimu gak cinta lagi lho."

Banyak wanita yang berlomba-lomba untuk mengembalikan bentuk tubuhnya seperti sediakala seperti saat sebelum melahirkan. Padahal, sebenarnya hal ini gak harus dilakukan. Kamu cantik seperti apapun bentuk tubuhmu. Rasa cinta pasangan gak akan berkurang. Jangan serendah itu menilai rasa cinta pasangan karena dia melihat kepribadianmu bukan fisikmu.

6. Pintar masak

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan PerempuanPhoto by Irina on Unsplash

"Kok gak bisa masak sih, gimana nasib suamimu besok?"

Pintar memasak itu sebuah keunggulan dan bukan suatu keharusan. Jika kamu cewek yang gak bisa masak, gak papa. Gak hanya wanita yang harus punya andil sepenuhnya di dapur, pria juga punya porsi sama. Sudah tahun 2018, ada banyak cara menghindangkan sajian di meja makan, dan bukan sepenuhnya tugas perempuan. Kamu gak perlu merasa gagal jadi wanita hanya karena gak bisa masak.

7. Punya anak

Berdandan, Memasak dan 5 Hal yang Gak Mesti Dilakukan PerempuanPhoto by Seth Hays on Unsplash

Memang memiliki anak adalah kodrat semua perempuan. Namun, lagi-lagi hal ini membutuhkan kesiapan lahir batin dan perencanaan matang ke depan. Tentu saja memiliki anak membuat bahagia, namun jangan lupa tanggung jawabmu sebagai manusia dewasa juga bakal bertambah.

Harus ada kesiapan untuk mendedikasikan waktu, tenaga, dan dana untuk menjamin kelangsungan hidup anakmu nanti. Jika kamu atau teman wanitamu memutuskan untuk tak memiliki anak, hal ini tentu sah-sah saja. Jangan hakimi mereka karena keputusan yang mereka ambil. Ini hidup mereka dan merekalah yang menjalani.

Ada lagi hal yang menurutmu gak harus dilakukan wanita? Yuk, bagikan buah pemikiranmu di kolom komentar!

Baca juga: 17 Kekonyolan Ini Cuma Dilakukan Sama Cewek yang Super Cuek!

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You