Comscore Tracker

7 Praktik Kecantikan Berbahaya yang Pernah Jadi Tren di Masa Lalu

Mau cantik kok menyiksa, sih?

Standar kecantikan di masyarakat terkadang memunculkan praktik-praktik yang gak lazim. Sebagian di antaranya bahkan bisa membahayakan kesehatan. Misalnya, kosmetik dari bahan kimia berbahaya.

Praktik semacam ini ternyata telah terjadi sejak dahulu kala, lho. Berikut ini praktik kecantikan kuno berbahaya yang pernah jadi tren di masa lalu.

1. Cat rambut yang mengandung timbal dan perak nitrat beracun

7 Praktik Kecantikan Berbahaya yang Pernah Jadi Tren di Masa LaluBerbagai Sumber

Praktik kecantikan ini banyak dilakukan pada abad ke-19. Untuk mempercantik diri, perempuan masa itu menggunakan pewarna rambut yang berbahaya.

Pewarna rambut ini mengandung perak nitrat atau timbal beracun yang dapat berpengaruhi buruk terhadap kulit, rambut dan paru-paru mereka. 

2. Krim wajah yang mengandung sianida dan merkuri

7 Praktik Kecantikan Berbahaya yang Pernah Jadi Tren di Masa Laluthegraphicsfairy.com

Krim serta losion penghilang bintik dan tahi lalat mengandung banyak sianida dan merkuri yang memang mengatasi warna kulit yang tidak merata. Penggunaan krim ini secara konsisten menyebabkan tubuh menumpuk merkuri dan menyebabkan keracunan merkuri.

3. Perona pipi dari cinnabar

7 Praktik Kecantikan Berbahaya yang Pernah Jadi Tren di Masa Lalunewsland.co

Cinnabar adalah mineral yang tercipta dari aktivitas gunung berapi. Warna merah terang mineral tersebut mengandung merkuri (II) sulfida dan digunakan untuk menghasilkan perona pipi dan bedak. Cinnabar bahkan digunakan di zaman Jepang Kuno, Cina Kuno dan kemudian digunakan sebagai pewarna rambut.

Seperti senyawa merkuri lainnya, cinnabar sangat beracun dan hanya menghirup uapnya saja dapat menyebabkan keracunan parah.

Baca Juga: Bahan Alami Perawatan Kulit Perempuan Yunani Kuno, Kamu Pakai juga? 

4. Cacing pita untuk menurunkan berat badan

7 Praktik Kecantikan Berbahaya yang Pernah Jadi Tren di Masa LaluBy The U.S. Food and Drug Administration - Weight-Loss Ad (FDA 154), Public Domain

Dulu perempuan tidak harus menghabiskan waktu di gym dan mengikuti diet ketat, mereka hanya perlu minum pil dengan telur cacing pita dan mereka melakukannya untuk menurunkan berat badan. Belakangan diketahui bahwa mereka mengalami berbagai gangguan kesehatan: mual, anemia, daya tahan tubuh yang lemah, kelelahan dan sakit kepala.

Ya memang sih berat badan berkurang, tapi kan karena cacingan, bukan karena menurunkan lemak.

5. Perhiasan gigi

7 Praktik Kecantikan Berbahaya yang Pernah Jadi Tren di Masa Laluboxun.com

Sekitar 2.000 tahun yang lalu, suku Maya kuno biasa menghiasi gigi mereka dengan emas dan batu mulia. Gigi dibor dengan lubang kecil sehingga potongan giok atau emas bisa dimasukkan. Di Mesir Kuno, ada teknologi yang sangat mirip. Asesoris ini melambangkan kekayaan dan status tinggi seseorang.

6. Restruktur tulang tengkorak kepala

7 Praktik Kecantikan Berbahaya yang Pernah Jadi Tren di Masa Laluwikipedia.org

Ini ritual kecantikan aneh lain dari zaman kuno. Kepala yang memanjang menyerupai telur dianggap indah. Para arkeolog telah menemukan tengkorak ini di mana-mana: dari Amerika Selatan hingga Timur Tengah.

Rupanya orang kuno biasa mengubah bentuk tengkorak mereka sejak masa kanak-kanak: kepala anak-anak diikat erat dengan perban atau papan kayu. Teknik-teknik ini memiliki efek yang sangat buruk pada otak dan anak-anak sering kali meninggal karena praktik ini.

7. Foot binding

https://www.youtube.com/embed/8o5t01Sy9HM

Di zaman Tiongkok kuno, dalam sebuah keluarga agar anak perempuan mereka dapat menikah, ukuran kaki menempati posisi teratas dalam prioritas standar. Semakin kecil kaki seorang perempuan maka akan semakin dianggap cantik dan mereka akan cepat mendapat pasangan.

Banyak keluarga yang mengikat kaki anak perempuan mereka dari kecil agar ukuran kaki mereka tak semakin membesar seiring bertambahnya usia. Namun tentu saja, banyak masalah kesehatan yang mengintai. Kini praktik membahayakan ini sudah dilarang.

Untungnya praktik kecantikan berbahaya di atas sudah tidak dilakukan lagi. Namun, kamu juga perlu mewaspadai praktik-praktik lain yang gak kalah berisiko di zaman sekarang. Daripada pakai bahan kimia gak jelas, lebih baik cantik alami apa adanya, kan?

Baca Juga: Pengin Kencan Online, Pelajari 9 Tutorial Makeup ala Beauty Vlogger 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Anastasia Jaladriana di IDN Times Community dengan judul 7 Standar Kecantikan Kuno yang Justru Berbahaya Bagi Tubuh

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya