Comscore Tracker

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinya

Tips bagi kamu yang sering terkena paparan sinar matahari 

Sekitar satu bulan terakhir, sinar matahari di Indonesia dirasakan sangat terik. Walaupun jam masih menunjukkan pagi hari, sengatan tajamnya bisa membuat kulit belang. Melansir Healthline, ternyata masalah ini disebabkan karena produksi melanin yang berlebihan karena radiasi UVA dan UVB.

Bagi kamu yang harus bekerja di luar ruangan, atau berolahraga di alam terbuka rasanya tak cukup hanya mengandalkan sarung tangan atau baju lengan panjang. Nah, berikut beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit belang.  

 

 

1. Wajib pakai sunscreen ke mana pun kamu pergi

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyayoungisthan.in

Memakai sunscreen atau tabir surya adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya untuk mencegah dan mengatasi kulit belang, cara ini juga bisa menghindarkan kulit dari flek hitam dan risiko kanker. 

Sunscreen tidak hanya perlu dipakai ketika cuaca sedang panas, kamu sebaiknya juga memakainya ketika di rumah serta saat cuaca mendung atau berawan. Sebab, sinar UVB yang sering menyebabkan kulit terbakar memiliki gelombang panjang yang bisa menembus jendela rumah.

2. Pakai gel lidah buaya

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara MengatasinyaPinterest

Salah satu senjata ampuh untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari adalah lidah buaya. Zat aloesin yang dikandungnya mampu menghambat produksi melanin pada kulit, sehingga kulit yang menggelap bisa teratasi. Selain itu, lidah buaya juga ampuh untuk menenangkan kulit yang terbakar. 

Perlu diingat, mengembalikan warna kulit kembali ke asal membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kamu harus rajin mengoleskaan gel lidah buaya ke area yang belang, setidaknya dua kali sehari. Dengan begitu, manfaatnya bisa dimaksimalkan. 

3. Rutin lakukan eksfoliasi

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyaskincare.com

Jika masalah yang timbul hanyalah kulit yang gosong tanpa ada keluhan luka bakar, maka rajin-rajinlah melakukan eksfoliasi. Ini merupakan upaya untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, area-area yang belang bisa cepat regenerasi. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk eksfoliasi. Pertama dengan teknik mekanis, yaitu dengan sikat halus atau spons mandi untuk mengangkat sel kulit mati. Cara kedua adalah dengan menggunakan produk yang mengandung alpha dan beta hydroxy acid (AHA dan BHA). 

4. Gunakan rosehip oil

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyahearstapps.com

Minyak organik sering menjadi pilihan untuk perawatan kulit. Khusus untuk kulit yang belang, kamu sebaiknya menggunakan rosehip oil.

Melansir Healthline, minyak alami ini mengandung antioksidan yang bisa memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, rosehip oil juga mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit bisa cepat regenerasi.

5. Gunakan bahan-bahan alami ini sebagai masker

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyafreepik.com/massonstock

Berikutnya, ada bahan alami tertentu yang bisa membantumu mengatasi kulit belang. Berikut ini di antaranya:

  • Kunyit;
  • Teh hitam;
  • Oatmeal;
  • Madu dan lemon;
  • Bengkuang;
  • Kentang dan lemon atau susu;
  • Air beras. 

Kamu bisa memakai bahan-bahan di atas sebagai masker di kulit yang belang. Lakukan secara rutin, ya, agar warna kulitmu kembali merata.

6. Produk skincare yang bisa mengatasi kulit belang

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyaorami.co.id

Untuk perawatan yang lebih ampuh, kamu juga bisa menambahkan beberapa produk skincare yang punya khasiat mencerahkan dan menyamakan warna kulit. Berikut ini rekomendasinya menurut American Academy of Dermatologists:

  • Vitamin C;
  • Niacinamide;
  • Glycolic acid;
  • Retinol;
  • Kojic acid;
  • Azelaic acid. 

Baca Juga: 10 Cara Mudah Mendapatkan Kulit Lembap dan Glowing dalam 3 Hari

7. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyafreepik.com/nakaridore

Selain perawatan dari luar, kamu juga bisa mempercepat proses pengembalian warna kulit dari dalam. Caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Kenapa demikian?

Vitamin C adalah antioksidan yang bisa melindungi kita dari radikal bebas, termasuk polusi serta UVA dan UVB. Dengan begitu, kulit yang belang bisa diperbaiki dan tidak semakin parah. Kamu bisa menemukan vitamin C dalam stroberi, lemon, jeruk, kiwi, dan lain sebagainya. 

8. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung niacin

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyafreepik.com

Asupan lain yang sebaiknya kamu konsumsi adalah niacin atau vitamin B3. Ini merupakan zat yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Di antaranya adalah mencerahkan, menyamakan warna kulit, mengurangi keriput, dan menghidrasi. Berikut ini sumber dari niacin yang mudah ditemukan:

  • Ikan tuna;
  • Dada ayam;
  • Nasi merah;
  • Alpukat;
  • Kacang polong;
  • Ubi.

9. Minum air putih

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara MengatasinyaPinterest

Kulit yang kering dan dehidrasi cenderung lebih mudah belang ketika terpapar polusi dan sinar matahari. Sebab, tidak ada perlindungan ekstra yang bisa mencegah masuknya radiasi. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kulit agar selalu terhidrasi, baik dari luar maupun dalam. 

Gunakan pelembap setiap hari. Selain itu, kamu juga harus memperbanyak minum air putih, sehingga kulit terhidrasi dari dalam tubuh. Cairan yang masuk ke dalam tubuhmu harus diperbanyak, di musim panas. 

10. Perawatan medis yang bisa kamu lakukan untuk mengenyahkan kulit belang

Sinar Matahari Sebabkan Kulitmu Belang, Ini 10 Cara Mengatasinyastatically.io

Selain cara alami dan perawatan skincare yang disebutkan di atas tadi, kamu juga bisa memilih prosedur medis, khususnya jika belang di kulitmu sudah begitu parah dan sulit ditangani. Melansir Medical News Today, berikut ini beberapa alternatif yang bisa kamu pilih:

  • Perawatan laser;
  • Penggunaan krim yang mengandung hydroquinone (harus dengan resep dokter untuk minimalkan risiko iritasi);
  • Microdermabrasion;
  • Peeling. 

Bukan hanya mengganggu penampilan, kulit yang "gosong" karena paparan sinar matahari butuh waktu lama untuk kembali seperti semula. Nah, kamu harus rutin melakukan treatment di atas ya. 

Baca Juga: 10 Cara Mencerahkan Kulit Wajah, Tanpa Perlu Beli Skincare!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya