Comscore Tracker

Jadi Korban Catcalling, Segera Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Jangan diam saja, mulailah bersuara

Pernahkah kamu tiba-tiba ditertawakan, diganggu dengan cara digoda oleh orang yang tak dikenal? Gangguan tersebut bisa dikategorikan sebagai catcalling yang merupakan salah satu jenis pelecehan. 

Secara harfiah catcall diartikan sebagai siulan, tetapi pada kenyataannya catcalling bisa terjadi dalam berbagai bentuk verbal atau ucapan yang umumnya dilakukan secara verbal dan terjadi di jalanan. Umumnya yang menjadi korban adalah perempuan dengan pelaku catcall adalah laki-laki atau segerombolan laki-laki. Untuk melawannya ada lima tindakan yang bisa kamu ambil saat menjadi korban catcalling.

1. Menegur si pelaku

Jadi Korban Catcalling, Segera Lakukan 5 Hal Berikut Inimirror.co.uk

Silakan untuk menegur pelaku bahwa perbuatannya membuatmu tidak nyaman. Perbuatan seperti itu masuk ke dalam jenis pelecehan, lho. Tapi ingat tegur dengan nada tegas dan sikap yang berani agar mereka berpikir dua kali bahwa yang mereka hadapi bukanlah perempuan yang lemah.

2. Jangan tersulut emosi

Jadi Korban Catcalling, Segera Lakukan 5 Hal Berikut Inishutterstock.com/Nutlegal Photographer

Setiap orang pasti kesal jika mengalami catcall namun jika kamu menunjukkan respon seperti tersulut emosi. Mereka justru akan senang karena bisa diartikan tindakan mereka berhasil membuatmu tidak nyaman.

3. Segera tinggalkan tempat tersebut

Jadi Korban Catcalling, Segera Lakukan 5 Hal Berikut Inisheknows.com

Jika kamu tengah berjalan melewati sebuah gang, lantas ada sekumpulan laki-laki yang melakukan catcalling kepadamu. Tenang, lalu percepat langkahmu dan segera tinggalkan tempat tersebut sesegera mungkin.

Baca Juga: Catcall: Cara Laki-laki Rendahan untuk Mencari Perhatian Perempuan

4. Berpura-pura tengah menelepon

Jadi Korban Catcalling, Segera Lakukan 5 Hal Berikut Inipixabay.com/

Tindakan ini bisa kamu lakukan beberapa saat sebelum kamu melewati segerombolan mereka. Berpura-puralah sedang serius menelepon atau tertawa saat bertelepon dengan begitu mereka pasti tidak akan deh mengganggumu lagi.

5. Beri tatapan tidak suka

Jadi Korban Catcalling, Segera Lakukan 5 Hal Berikut Inishutterstock.com/Iakov Filimonov

Bila kamu mengalami catcalling kamu bisa memberi tatapan jijik atau memandang rendah perbuatan mereka. Lakukan kontak mata agar dia sadar bahwa apa yang dilakukannya tidak baik dan juga kamu tidak takut, tuh dengan apa yang mereka lakukan.

Nah itulah lima tindakan yang bisa kamu ambil saat menjadi korban catcalling. Semoga tak ada lagi pelaku catcalling di jalanan karena hal tersebut tak ada gunanya. 

Baca Juga: [OPINI] Catcalling Wanita Biar Mau Senyum, Aneh atau Malah Salah?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul 5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcalling

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya